Tangani Pasien Corona, Balikpapan Usulkan Tambah Dua Rumah Sakit Rujukan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengusulkan penambahan dua rumah sakit di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai rujukan untuk menangani pasien Covid-19 alias corona. Tujuannya untuk memaksimalkan penanganan pasien pengidap virus tersebut.

“Usulan penambahan dua rumah sakit tersebut telah disampaikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan ke Kementerian Kesehatan agar dilakukan dua rumah sakit rujukan untuk menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah,” jelas Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

Rizal menjelaskan, dua rumah sakit yang dimaksud adalah Rumah Sakit Dr Hardjanto (RS Tentara) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman. Untuk informasi, saat ini penanganan kasus corona masih terpusat di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Kota Balikpapan.

Selain mengajukan penambahan rumah sakit rujukan, Pemkot Balikpapan juga berencana menggunakan salah satu hotel dan guest house sebagai wadah untuk menangani pasien dalam pengawasan (PDP).

“Untuk guest house sekitar 20 kamar, dan hotel sekitar 15 kamar, adanya penambahan kamar ini diharapkan dapat menangani pasien,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, saat ini belum ada penambahan pasien yang telah ditetapkan positif terjangkit corona di Kota Beriman.

- ADVERTISEMENT -

“Jumlah yang positif masih enam orang, kami juga masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan di Jakarta,” terangnya.

Dio–sapaan akrab Andi Sri Juliarty–menambahkan, jumlah kasus penyebaran corona di Balikpapan terus bertambah sehingga harus terus diwaspadai. Berdasarkan catatan pihaknya, hingga tanggal 23 Maret 2020, pukul 16.00 Wita, jumlah kasus untuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) meningkat tinggi menjadi 511 kasus, naik dibandingkan hari sebelumnya yang tercatat berjumlah 303 orang.

Peningkatan ini dipengaruhi oleh hasil perkembangan yang dilakukan petugas terhadap hasil temuan enam orang pasien positif corona.

Sedangkan untuk kategori PDP sudah mencapai 23 orang, naik dibandingkan hari sebelumnya yang tercatat berjumlah 20 orang, Penambahan itu berasal dari satu orang warga Balikpapan dan dua orang warga luar Balikpapan yang baru tiba di Balikpapan setelah melakukan perjalanan dari daerah lain di Kaltim. (***)

 

Reporter: Bambang

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.