Taklukkan Juventus di Adu Penalti, Napoli Sukses Rengkuh Piala Italia

INTREN.ID – Piala Italia tahun ini menjadi milik Napoli. Hal ini dipastikan setelah Napoli sukses menekuk Juventus dalam adu penalti di babak final Piala Italia, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB.

Digelar di Stadion Olimpico, Roma, gelar juara mesti ditentukan lewat adu penalti usai tidak tercipta satu gol pun dalam laga di waktu normal. Napoli rupanya lebih mahir dalam melesakkan bola dari titik 12 pas, unggul 4-2 atas Juventus.

Dalam laga ini Napoli tidak diperkuat kiper David Ospina yang terkena skors. Sedangkan “Nyonya Tua” Juventus tidak diperkuat Gonzalo Higuain, Giorgio Chiellini, Merih Demiral, dan Sami Khedira.

Juventus sebenarnya sudah bermain bagus dalam menit-menit awal laga digelar. Gelandang andalan Juventus, Cristiano Ronaldo bahkan membuat kiper pengganti Ospina, Meret bekerja keras menjaga gawangnya di menit kelima.

Digempur begitu tak lantas membuat Napoli diam. Mereka juga mendapat kesempatan mencetak angka setelah Lorenzo Insigne melakukan tendangan bebas yang sayangnya masih membentur bagian atas tiang dekat gawang Juventus.

Jelang akhir babak pertama, Partenopei memiliki tiga peluang bagus. Peluang pertama melalui sepakan melengkung Insigne yang dapat dihalau Alex Sandro. Diikuti upaya blok Buffon untuk menghentikan laju Diego Demme dari jarak dekat. Dari tendangan bebas yang dihasilkan, Buffon menepis bola tembakan Insigne.

- ADVERTISEMENT -

Pada babak kedua, ganti Napoli menggempur Juventus habis-habis di menit-menit awal. Gempuran ini memaksa Juventus memasukkan Danilo menggantikan Douglas Costa. Pergantian ini membuat posisi Juan Cuadrado digeser lebih ke depan.

Bukan hanya Juventus, Napoli juga melakukan pergantian pemain. Peluang lantas tercipta lewat sepakan Arkadiusz Milik yang sayangnya masih melambung di atas mistar gawang. Malahan tandukan Nikola Maksimovic sampai membuat kiper senior Juventus, Gianluigi Buffon melakukan penyelamatan yang heroik. Buffon bahkan sanggup menggagalkan peluang emas Napoli berikutnya yang datang dari tendangan jarak dekat Eljif Elmas.

Skor kacamata bertahan hingga akhir babak kedua, membuat laga mesti ditentukan lewat adu penalti. Dalam adu penalti, Dybala didaulat jadi eksekutor perdana Juventus. Namun kegagalannya mencetak angka menjadi awal kekalahan Juventus. Sebaliknya penendang Napoli pertama, Insigne sukses menjebol gawang Buffon.

Gagalnya Dybala berlanjut pada penendang kedua, Danilo. Sedangkan Matteo Politano yang menjadi ekskutor kedua Napoli berhasil menggandakan kedudukan.

Juventus kemudian mencetak gol perdana lewat pemain belakang Leonardo Bonucci. Namun belum mampu memperkecil kedudukan lantaran penendang Napoli berikutnya kembali melanjutkan keunggulan Napoli menjadi 3-1.

Gol Aaron Ramsey yang bertindak sebagai eksekutor keempat Juventus sempat memberi peluang untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya Milik, algojo keempat Napoli menuntaskan adu penalti dengan sangat baik. Napoli menang 4-2 dan berhak mengangkat trofi Piala Italia. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.