Tak Pakai Anggaran BPP, Musda 2 BPD Abujapi Kepri Dapat Apresiasi

INTREN.ID, BATAM – Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke-2. Sekaligus pemilihan ketua umum periode 2020-2025 di ball room Travelodge Hotel, Senin (20/7/2020). Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Abujapi, Cecep Dharmadi.

Apresiasi itu diungkapkan Cecep pada saat memberikan sambutan. Kata dia BPD Abujapi Kepri menjadi satu-satunya dari 26 BPD di Indonesia yang menggelar musda tanpa meminta anggaran dari BPP.

“Baru BPD Kepri yang mengadakan musda dengan sumber pendanaan dari para anggotanya dan kas yang dimiliki. Bahkan tidak meminta anggaran dari pusat, meskipun kami telah menganggarkannya,” kata Cecep.

Sementara itu Ketua Panitia Musda 2 Abujapi Kepri, Dwifung Wirajaya Saputra mengungkapkan, kegiatan ini bisa digelar atas dukungan seluruh anggota. Lebih dari itu, keuntungan dari hasil penjualan logo hingga karangan bunga pada saat kegiatan ini juga menjadi sumber pendanaan.

Kata dia, pihak panitia juga memiliki komitmen untuk tidak menggunakan dana kegiatan musda untuk rapat persiapan yang sering diadakan beberapa waktu lalu.

“Kami harus mengedepankan akuntabilitas. Dan harus benar-benar transparan dalam pengelolaan dana karena jasa pengamanan ini akan dipakai oleh semua pihak,” kata Dwifung.

Sebelumnya, BPD Abujapi telah vakum selama empat tahun. Sehingga ketua dan pengurus yang terpilih akan memiliki tanggung jawab yang besar untuk membuat program kerja demi memajukan BPD Abujapi Kepri.

“Untuk saat ini, ada 92 BUJP di Kepri yang terdaftar ke Abujapi dan sebanyak 62 yang bisa hadir dan peran aktif pada kegiatan ini. Hampir 70 persen peserta yang hadir, semoga bisa menjadikan awal yang baik,” ungkapnya.

Menurutnya, jasa pengamanan adalah aset yang cukup penting untuk negara meskipun tidak terlihat. Baik dari perpanjangan hingga pembayaran BPJS yang dilakukan. Untuk jumlah anggota Satpam yang berada di bawah Abujapi Kepri mencapai 650.000 satpam dan sudah terdidik serta memiliki KTA.

Satpam adalah jasa industri yang cukup besar karena masuk ke dalam berbagai sektor. Seperti perbankan, hotel, ataupun perkantoran.

“Bahkan di masa pandemi, satpam menjadi profesi yang paling sedikit terkena PHK karena keberadaannya sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Adapun kelima kandidat calom Ketua BPD Abujapi Kepri untuk periode 2020-2025 adalah Sunarto Poniman dari PTKhatulistiwa Media Utama Sakti, Yacop Sutjipto dari PT Mitra Jalin Usaha, Subagyo Eko Prasetyo dari PT Metro Mandala Persada, Giyarni dari PT Cakra Garda Nusantara dan Dwifung Wirajaya Saputra dari PT Putra Tidar Perkasa.

Musda ke-2 BPD Abujapi Kepri secara resmi dibuka oleh wakil ketua BPP Cecep yang didampingi ketua Pelaksana Dwifung beserta panitia. Dalam acara tersebut juga hadir Dirbimas Polda Kepri dan Anggota DPRD Harmidi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.