- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Tak Kunjung Ada Kejelasan, Koalisi PKS-Demokrat di Kepri Kandas?

INTREN.ID, BATAM – Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum juga mengeluarkan rekomendasi soal siapa bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung pada Pemilihan Gubernur Kepulauan Riau (Pilgub Kepri). Padahal, kedua partai politik (parpol) itu sudah gembar-gembor akan berkoalisi dan membentuk poros baru.

Sejauh ini, hanya pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan yang benar-benar siap. Dukungan dari koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuat pasangan ini bisa lebih fokus untuk melakukan sosialisasi.

Berbeda dengan kandidat dan parpol lain yang masih kasak-kusuk dengan dalih lobi politik. Jika tak kunjung mengumumkan kandidatnya, bisa jadi Soerya-Iman di atas angin. Pasalnya, keduanya sudah melakukan start. Terlebih, dukungan pengurus, kader, dan simpatisan parpol pendukung sangat kuat.

Golkar dan Nasdem yang diharapkan menjadi penantang masih belum juga memutuskan. Demokrat dan PKS setali tiga uang. Digembar-gemborkan akan berkoalisi, namun belum juga deklarasi. Bak kisah perwayangan, mereka sibuk menentukan lakon. Kondisi ini tentu akan berpengaruh terhadap psikologis masyarakat.

Bendara DPD Demokrat Kepri, Hotman Hutapea mengaku belum mengetahui adanya informasi terkini terkait koalisi antara Demokrat dengan PKS. Sejauh ini, kata dia, telah ada beberapa nama yang telah berkomunikasi dengan partai berlambang segitiga mercy itu. Antara lain Ismeth Abdullah, Anshar Ahmad, dan Isdianto.

“Kalau calon dari luar kita telah ada beberapa nama, namun kalau dari internal kita memang belum ada, karena ketua DPD Demokrat Kepri, Bapak Apri Sujadi akan maju sebagai calon Bupati Bintan,” ucap Hotman, saat di hubungi intren.id.

- ADVERTISEMENT -

Sejauh ini, Apri sudah membawa beberapa bakal calon untuk bersilaturahmi dengan ketua umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu. “Kalau namanya saya kurang tahu, tapi telah ada beberapa yang dibawa ke DPP untuk bersilaturahmi dengan pimpinan,” ungkapnya.

Terpisah, ketua DPW PKS Kepri, Raden Hari Tjahyono mengaku belum ada perkembangan terbaru terkait usulan partainya menduetkan Ismeth Abdullah dengan Suryani.

“Belum ada perkembangan terkini, terkait koalisi antara PKS-Demokrat,” kata Raden.

Sebelumnya dia mengungkapkan, PKS menyodorkan paket Ismeth-Suryani ke DPP PKS. Duet tersebut disiapkan untuk bertarung di Pilgub Kepri. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.