Tak Ada Dana Khusus, Taman di Tepi Jalan Hendra Sudirman Bakal Dibangun Bertahap

INTREN.ID, BATAM – Pembangunan taman di tepi Jalan Jenderal Sudirman akan dilakukan secara bertahap. Karena Pemerintah Kota (Pemko) Batam tidak memiliki anggaran khusus untuk pembangunan tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan membangun sebagian taman terlebih dahulu yang kini telah dibagi menjadi tiga zona.

Luas taman tersebut adalah 58.647 meter persegi. Dengan pembagian zona 1 seluas 17.760 meter persegi, dari bekas SPBU di Laluan Madani hingga ke jalan masuk ke jalur lambat. Lalu zona 2 berada di depan Imperium Superblock, dengan luasan 30.163 meter persegi. Dan zona 3 yaitu setelah Imperium Superblock sampai depan nursery penjual bunga. Luas lahan di zona 3 sebesar 10.724 meter persegi.

“Karena tidak ada anggaran khusus, maka penataan ini akan kami lakukan secara bertahap. Tahap awal kami buka dulu di zona 1 dan zona 2,” kata Jefridin, Rabu (22/8/2020).

Untuk saat ini lokasi tersebut tengah dibersihkan oleh tim Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup. Setelah lahan bersih, selanjutnya akan ditanami kembali oleh Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan.

Jefridin menjelaskan, penataan taman ini bertujuan mempercantik wajah kota, khususnya di jalur utama tersebut. “Selain itu juga untuk memberikan alternatif tempat hiburan bagi masyarakat. Di taman ini nanti akan dipasangi lampu-lampu hias. Supaya bisa menarik bagi wisatawan juga,” paparnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.