- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Tahun Ajaran Baru, PPDB Bontang Dibuka Daring dengan Empat Jalur

INTREN.ID, BONTANG – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Bontang dibuka secara daringonline. Ini dilakukan sesuai instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Tahun ini sekolah-sekolah di Bontang membuka PPDB dengan 4 jalur. Pertama jalur zonasi, kedua jalur afirmasi, ketiga jalur perpindahan tugas orang tua, dan keempat jalur prestasi. Untuk di Bontang, jalur zonasi yang ditetapkan hanya 1 zona.

Kepala SMA Negeri 1 Bontang Sumariyah mengatakan, pihaknya membuka pendaftaran secara online melalui aplikasi yang telah disediakan.

“Baru kali ini pendaftaran semua berkas diunggah. Memang ada sedikit kendala, tetapi sudah ditangani. Jadi kalau ada yang bingung, kami menyediakan layanan informasi di sekolah,” paparnya belum lama ini.

Sumariyah menuturkan, PPDB tahun ini SMAN 1 Bontang menerima sebanyak 252 siswa. Terkait zonasi hanya difokuskan menjadi 1 zona utama. Sebab jarak siswa ke sekolah dinilai masih bisa dijangkau.

“Meski cuma 1 zona, tetapi tetap memberi prioritas untuk menerima siswa yang tinggalnya dekat dengan sekolah. Ini melalui Bina Lingkungan RT prioritas,” paparnya.

- ADVERTISEMENT -

Senada dengan itu, Kepala SMA Negeri 2 Bontang Suyanik menuturkan, calon peserta didik baru yang mendaftar cukup mengunggah berkas persyaratan yang asli. Lalu pihak sekolah yang akan melakukan verifikasi.

Untuk calon siswa asal luar daerah, SMAN 2 Bontang tetap menerimanya dengan kuota 5 persen melalui jalur perpindahan tugas orang tua. Ditargetkan Suyanik, pendaftar luar daerah merupakan siswa yang berasal dari daerah perbatasan.

Dia memprediksi karena saat ini masih dalam wabah Covid-19, mobilitas untuk pindah daerah dirasa sulit. Sehingga kecil kemungkinan untuk datangnya siswa dari luar daerah.

“Mereka yang dari luar ini paling tinggalnya sebut saja di Marang Kayu, Teluk Pandan, daerah yang masih dekat. Tetapi Kartu Keluarga (KK) tercatat sebagai warga Bontang,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.