Swab Pertama Para Personel Polri di RS Galang Negatif Corona

Bakal Dipulangkan setelah Pemeriksaan Kedua

INTREN.ID, BATAM – Dua dari tiga anggota Polri yang saat ini menjalani perawatan di RS khusus infeksi virus corona baru (Covid-19) di Pulau Galang, telah dinyatakan negatif. Hasil ini diketahui dari pemeriksaan swab yang pertama dilakukan.

Direktur RS Covid-19 di Galang, Kolonel Khairul Ihsan Nasution mengatakan, untuk saat ini kondisi tiga personel polri tersebut dalam keadaan yang baik dan stabil.

“Alhamdulillah, dua anggota telah dinyatakan negatif dari pemeriksaan swab, sementara satu personel masih menunggu hasil swab,” ucap Kolonel Khairul Ihsan.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya telah merencanakan akan melakukan pemulangan kepada para anggota Polri tersebut. Apabila telah melakukan pemeriksaan swab yang kedua. “Dalam waktu dekat, kami rencanakan akan dipulangkan,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt saat dikonfirmasi oleh intren.id mengatakan, belum menerima informasi tersebut dari Kabid Dokkes Polda Kepri, Kombes Pol M Haris.

- ADVERTISEMENT -

Apabila mereka telah dipulangkan, Harry menegaskan para personel tersebut akan tetap menjalani protokol kesehatan yang ada. “Sesuai protokol kesehatan, mereka akan dilakukan karantina mandiri,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, seorang pasien Covid-19 baru dinyatakan sembuh apabila telah dua kali menujukkan hasil negatif pada pemeriksaan Swab. Rentang pemeriksaan ini dilakukan dalam waktu satu pekan.

“Harus Jalani dua kali swab dengan hasil negatif, baru bisa dinyatakan sembuh. Dan wajib melakukan karantina secara mandiri selama 14 hari,” ungkapnya.

Ketiga personel Polri tersebut diketahui merupakan pasien Covid-19 di Batam dengan nomor 19, 20 dan 21. Mereka yang telah menjalin perawatan di RS khusus infeksi virus Covid-19 di Pulau Galang sejak 16 April 2020 lalu. Sebelumnya mereka menjalani Isolasi di RS Bhayangkara Polda Kepri sejak 10 April 2020.  (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.