Survei ARSC: Elektabilitas PDI Perjuangan Tertinggi, Demokrat Sukses Bertengger di Peringkat Tiga

INTREN.ID, JAKARTA – Perkumpulan Kader Bangsa bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol). Survei dilakukan untuk mengetahui peta politik tanah air.

Berdasarkan survei, PDI Perjuangan berada di puncak dengan elektabilitas mencapai 19,16 persen. Sementara Gerindra di urutan dua dengan 15,05 persen. Yang menarik, Partai Demokrat melejit ke peringkat tiga dengan 14,08 persen. Bahkan partai yang dinahkodai Agus Harimurti Yudhoyono itu menggusur Golkar.

“PDI Perjuangan menjadi partai politik teratas. Ini adalah potret pengukuhan PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pemilu 2019 yang masih kuat tertanam dalam memori public,” kata Peneliti ARSC, Bagus Balghi dalam konferensi pers, Jumat (22/5/2021).

Terkait posisi Demokrat, Bagus menjelaskan, partai berlambang segitiga mercy itu mengalami kenaikan elektabilitas setelah polemik Kongres Luar Biasa (KLB) yang menuai sorotan beberapa waktu lalu.

“Naiknya pamor Partai Demokrat diduga tidak lepas dari penetrasi pemberitaan terkait dinamika internal Partai Demokrat, khususnya munculnya Kongres Luar Biasa yang meramaikan perbincangan di publik,” beber Bagus.

Kendati demikian, sebagian besar responden mengaku bisa mengubah pilihannya dalam Pemilu 2024. Faktor perubahan itu dilatarbelakangi program kinerja nyata parpol, pengaruh tokoh agama atau tokoh masyarakat, kampanye kandidat parpol, pengaruh lingkungan sekitar responden, hingga kunjungan kandidat dan relawan dari parpol.

Berikut hasil survei ARSC terkait elektabilitas parpol apabila pemilu dilakukan saat ini:

  1. PDI Perjuangan: 19,60 persen
  2. Partai Gerindra: 15,03 persen
  3. Partai Demokrat: 14,08 persen
  4. Partai Golkar: 10,40 persen
  5. PKS: 9,10 persen
  6. PKB: 5,50 persen
  7. Nasdem: 4,40 persen
  8. PAN: 4,40 persen
  9. PSI: 2,40 persen
  10. PPP: 1,50 persen
  11. PBB: 0,40 persen
  12. Partai Hanura: 0,20 persen
  13. Perindo: 0,20 persen
  14. Partai Garuda: 0,10 persen
  15. PKPI: 0,10 persen
  16. Tidak menjawab: 11,87 persen

Respon Demokrat

Hasil survei tersebut membuat girang Demokrat. Di antaranya sayap Demokrat, Bintang Muda Indonesia (BMI). Ketua Umum BMI, Farkhan Evendi menyampaikan terima kasih atas rilis survei tersebut.

“Tawakal yang bulat, ikhlas, dan terus berikhtiar dengan keyakinan Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa akan BMI perkuat sebagai jawaban atas hasil survei ini,” ujar Farkhan.

Melejitnya Demokrat di antara faktor terbarunya, menurut BMI, adalah tergerusnya citra pemerintah dan koalisi pemerintah di DPR yang diam terhadap berbagai kebijakan yang menyengsarakan rakyat. BMI juga memuji survei ini karena memuat pertanyaan lebih luas seperti menyangkut pemimpin militer atau sipil, resistensi pada kandidat, dan lainnya.

“Intinya kekuatan nasionalis masih diperlukan rakyat dan menurut survei kekuatan oposisi yang paling diharapkan rakyat adalah Demokrat, kita realistis saja memang itu yang terjadi,” tegas Farkhan.

BMI berharap di lapangan, kader-kadernya diberi kekuatan untuk selalu mampu menyapa rakyat. Dalam tataran pemenangan opini BMI mampu menjadi pendukung utama pembelaan Demokrat yang sesuai dengan aspirasi rakyat.

“Terima kasih kepada ARSC dan Perkumpulan Kader Bangsa, Insya Allah BMI semakin termotivasi dan ini adalah gambaran bahwa rakyat benar-benar memanggil kekuatan politik yang mampu mengembalikan dan memulihkan keadaan saat ini yang benar-benar dihantam elite pembela kepentingan bisnis oligharki,” tegas Farkhan

Optimisme juga dirasakan di Batam. Calon Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batam, Helmy Hemilton memberikan pesan kepada seluruh kader dan simpatisan Demokrat untuk tidak terlena dengan hasil survei yang baru dirilis tersebut.

Menurutnya, hasil survei tersebut menggambarkan bawah Demokrat telah dicintai lagi oleh masyarakat Indonesia. “Hal tersebut juga harus diikuti oleh para kader dan simpatisan untuk bisa berkoalisi dengan masyarakat sehingga menciptakan kerja-kerja nyata,” ucap Helmy, Senin (24/5/2021).

Wakil Ketua DPRD Batam 2014-2019 itu juga berpesan kepada Fraksi Partai Demokrat di DPRD Kota Batam agar mengambil sikap selalu bekerja untuk kepentingan masyarakat banyak, dan bisa melakukan kerja-kerja partai dan kerja-kerja yang bersentuhan langsung dengan rakyat.

“Insya Allah jika seluruh kader dan simpatisan bersatu-padu, kompak, dan solid di bawah kepemimpinan Mas AHY, saya yakin kejayaan Partai Demokrat akan bisa kembali terulang seperti 2004 dan 2009 lalu,” tegasnya.

Dengan hal tersebut, Helmy juga yakin AHY bisa menjadi pemenang pemilu pada 2024 mendatang, dengan semangat baru untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik, karena muda adalah kekuatan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.