Sudah Terjadi Sepekan, Kebakaran Hutan di Batam Belum Juga Padam

Di Area Sekitar Dam Duriangkang, Petugas Kesulitan Air

INTREN.ID, BATAM – Kebakaran di hutan area Dam Duriangkang telah terjadi hampir satu pekan ini. Hingga Sabtu (4/4/2020), masih ada beberapa titik api yang belum bisa dipadamkan oleh para personel pemadam kebakaran.

Humas Manggala Agni Hermansyah mengatakan, awal kebakaran terjadi pada Senin (30/3/2020) lalu. Kemudian si jago merah terus meluas membakar hutan di aera Dam Duriangkang.

Alhasil lebih dari 50 personel dari Manggala Agni, Damkar Kota Batam, PBK BP Batam, serta Ditpam BP Batam terjun untuk memadamkan api. Hingga Sabtu pagi, petugas masih terus melakukan usaha pemadaman dengan mengerahkan lima Armada.

“Dalam beberapa hari terakhir hingga senja kami masih melakukan pemadaman. Tetapi saat malam kami berhenti, karena akses yang sangat terbatas dan membahayakan jika dilanjutkan,” ungkap Hermansyah.

- ADVERTISEMENT -

Dibeberkan, luas lahan yang telah terbakar selama lima hari lalu telah mencapai 20 hektare. Ironisnya meski lahan yang terbakar berada di area Dam Duriangkang, para personel masih terkendala sumber air untuk melakukan pemadaman.

“Dan mengharuskan para personel menyuplai air dari tangki. Serta untuk akses menuju titik api juga terbilang sangat sulit dan sangat membahayakan,” terangnya.

Meskipun pada Jumat (3/4/2020) pagi, sempat turun hujan di area lahan terbakar, namun belum bisa memadamkan titik api di lokasi tersebut. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.