Sudah Sakit Berat, Pasien Corona di Indonesia Meninggal

INTREN.ID, JAKARTA – Indonesia mencatatkan kasus pertama kematian pasien positif virus corona (Covid-19). Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto pada Rabu (11/3/2020) menuturkan, pasien dengan identitas nomor 25 tersebut meninggal dunia pada Rabu dini hari sekira pukul 02.00 WIB.

“Pasien ini memang masuk di rumah sakit sudah dalam keadaan sakit berat, karena memang ada faktor penyakit yang mendahuluinya,” jelas Yurianto kepada awak media di Istana Kepresidenan.

Dibeberkan, pasien tersebut memiliki sederet penyakit berat, yaitu diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan penyakit paru-paru obstruktif menahun yang sudah cukup lama diderita. Hal ini semakin diperparah dengan terjangkitnya Covid-19.

Lebih lanjut Yurianto menjelaskan, pasien ini adalah seorang perempuan berusia 53 tahun yang merupakan warga negara asing (WNA). Kedutaan besar asal pasien ini disebut sudah tahu sejak awal perihal kondisi pasien yang meninggal dunia itu.

- ADVERTISEMENT -

“Dan sekarang sedang dalam proses untuk mengirimkan kembali jenazahnya ke negaranya, dan selama perawatan didampingi oleh suaminya,” urai Yurianto yang juga menjabat Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan itu.

Terkait asal negara WNA itu, pemerintah sudah menegaskan tidak akan mengumumkannya ke publik. Sebagaimana permintaan dari kedutaan WNA bersangkutan.

“Karena beberapa waktu lalu kami sempat dikomplain oleh salah satu kedutaan karena muncul diskriminasi dari masyarakay sekitar terhadap warga negara itu, dengan diteriaki sebagai pembawa Covid-19. Ini yang membuat tak nyaman, ini yang membuat kedutaan negara sahabat protes ke saya,” jelas Yurianto. (***)

Penulis: Lukman Maulana
Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.