Sudah 242 Pasien Dikarantina di Asrama Haji Balikpapan, 203 Orang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Jumlahnya pun tiap hari semakin banyak. Sehingga ruang di rumah sakit atau pusat kesehatan tidak mampu menampung ledakan pasien yang setiap hari terus bertambah.

Makanya, sejak 15 Agustus 2020 lalu, Asrama Haji Balikpapan telah dibuka sebagai tempat karantina mandiri. Sejak saat itu, total pasien yang dirawat sebanyak 242 orang, dan 203 pasien telah selesai isolasi. Sehingga saat ini jumlah pasien yang masih dirawat berjumlah 38 orang.

Koordinator Embarkasi Haji Balikpapan, drg Ahmad Jais MH MARS mengatakan, empat asrama sudah disediakan untuk pasien dengan kapasitas 130 tempat tidur, dengan jumlah maksimal 65 pasien. Selain itu terdapat juga satu unit gedung berisi 40 kamar  yang diperuntukkan bagi petugas.

“Karena adanya peningkatan angka pasien isolasi, maka per hari ini terdapat penambahan  fasilitas sebanyak tiga asrama dengan kapasitas  96 pasien. Jumlah ini lebih banyak dari sebelumnya. Sehingga dapat menampung total pasien hingga 150 pasien secara bersamaan,” jelasnya.

Diharapkan, sambung dia, kepada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri untuk tidak melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun disarankan agar melakukan isolasi di fasilitas pemerintah, salah satunya Asrama Haji Balikpapan.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi klaster keluarga yang berpotensi muncul saat isolasi mandiri  di rumah. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.