Suara Dentuman Misterius Gegerkan Jateng, Ini Penjelasan BMKG

INTREN.ID, SEMARANG – Suara dentuman misterius yang sempat terdengar di Jakarta dan sekitarnya kembali terjadi. Kali ini suara misterius tersebut terdengar di beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng), Senin (11/5/2020).

Dari penuturan sejumlah warga di Jawa Tengah, suara dentuman terjadi pada pagi dini hari, lewat pukul 00.00 WIB. Ada yang mengaku mendengarnya sekira pukul 00.20 WIB, ada yang juga yang mendengarnya sekira pukul 00.59 WIB.

Suara misterius ini pun jadi perbincangan di dunia maya, khususnya di jagat Twitter. Malahan tanda pagar (tagar) #dentuman menjadi trending topic sejak pagi.

“Ini aneh tapi nyata. Kukira tadi suara dentuman biasa, karena remah dekat jalan tol. Kirain suaranya dari situ, ternyata orang-orang juga merasakan hal yang sama. Dan yang paling anehnya, jam 12-an tadi ayamku juga teriak-teriak sendiri, padahal biasanya enggak,” sebut Sodiq, warganet Twitter dengan akun @tamaa_impala.

Suara dentuman turut didengar akun @dephiipoo sekira pukul 00.00 WIB. Awalnya dia mengira dentuman itu sebagai suara ledakan trafo.

“Semalam kurang lebih jam 12-an kalau enggak salah ingat. Dengar suara dentuman, kirain suara trafo meledak. Ternyata beberapa daerah juga dengar suara dentuman tersebut. Fenomena alam ya kira-kira?” tulisnya.

Terkait fenomena ini, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menyatakan, sumber dentuman itu dipastikan tidak berasal dari gempa tektonik. Hal ini setelah dilakukan pengecekan terhadap gelombang seismik dan seluruh sensor gempa BMKG di Jateng.

“Hasilnya menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di Jawa Tengah,” sebut Daryono.

Dijelaskan, bila aktivitas gempa mengeluarkan bunyi ledakan, berarti kedalaman hiposenter gempa sangat dangkal dan dekat dengan permukaan. Bila itu terjadi, maka seharusnya tercatat dalam sensor gempa.

Sementara itu Kepala BMKG Stasiun Meterologi Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah mengatakan, kemungkinan suara dentuman itu adalah suara petir. Namun menurutnya masih memerlukan kajian lebih lanjut bila terdengar secara bersamaan atau ada perbedaan waktu yang relatif kecildalam area yang luas.

“Banyak faktor yang bisa menyebabkan suara dentumantersebut. Beberapa  sumber suara bisa memicu, antara lain sonic boom (gelombang kejut, Red.) dari pesawat jet ketika terbang melebihi kecepatan suara,” terang Achadi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.