Stok Bahan Pangan Aman Sampai Empat Bulan ke Depan

Harga Kembali Stabil, Jajaran Menteri Diminta Antisipasi Krisis

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pangan mencukupi hingga tiga sampai empat bulan ke depan mengantisipasi wabah virus corona baru (Covid-19). Hal ini ditegaskan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo.

“Menteri Pertanian menyampaikan kecukupan pangan selama tiga sampai empat bulan ke depan. Alhamdulilah aman,” ujar Doni, Senin (13/4/2020).

Kata dia, saat ini beberapa harga bahan pangan sudah terkendali. Setelah sebelumnya sempat mengalami kenaikan narga.

Disebutkan Doni, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan jajaran menteri tentang pentingnya upaya antisipasi kelangkaan dan krisis pangan dunia. Sebagaimana disampaikan Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) karena situasi pandemi global Covid-19.

Untuk itu, Menteri Pertanian diminta meningkatkan ketahanan pangan nasional dan menghilangkan ketergantungan impor. “Beberapa negara yang memberikan kebutuhan pangan kita, mungkin ke depan tidak bisa memenuhi,” jelas Doni.

Saat ini ratusan negara telah terjangkit virus yang menyerang saluran pernapasan manusia itu. Pandemi ini pun menyebabkan sejumlah negara menerapkan pembatasan aktivitas (isolasi) untuk memutus rantai penularan Covid-19. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.