Start Cepat Sambut Pesta Demokrasi 2024, Partai Nasdem Siapkan Konvensi Calon Presiden Lebih Awal

INTREN.ID, JAKARTA – Langkah tidak biasa diambil Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Kendati pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan presiden (pilpres) baru digelar 2024, partai politik (parpol) besutan Surya Paloh itu memilih mengambil start cepat.

Parpol dengan tagline restorasi itu berencana menggelar konvensi calon presiden (capres) untuk dicalonkan di pemilu mendatang. Rencana itu disampaikan ketua umum Partai Nasdem, Surya Paloh saat berpidato secara virtual dalam perayaan HUT ke-9 partainya di auditorium Akademi Bela Negara Partai Nasdem, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/11/2020).

“Konvensi akan digelar dua tahun ke depan, yakni pada 2022. Konvensi bisa memberikan kesempatan bagi para anak bangsa. Terutama yang berada di luar parpol, tapi memiliki kapasitas dan kualitas untuk memimpin bangsa dan negara agar memiliki kesempatan yang sama menjadi seorang calon presiden republik ini,” tegas Paloh.

Konvensi, lanjut dia, juga akan menjadi ruang dan basis perekrutan kepemimpinan nasional, sekaligus menjadi penegasan bahwa Nasdem merupakan partai yang inklusif. “Bisa menerima berbagai pemikiran, pandangan, bahkan ideologi politik dari sejumlah kalangan. Itu layaknya falsafah kebangsaan kita Pancasila yang sering disebut sebagai ideologi terbuka,” bebernya.

Untuk itu, sambung Paloh, dibutuhkan pelembagaan demokrasi yang kian matang dan berkualitas. Partai Nasdem sejak awal berdiri sudah menawarkan penyederhanaan parpol melalui kenaikan parliamentary threshold di DPR menjadi tujuh persen.

Untuk presidential threshold, partainya menawarkan agar turun menjadi 15 persen. Agar bisa membuka ruang partisipasi putra-putri terbaik bangsa untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai pemimpin negara. Bahkan, kata Surya, Partai Nasdem menginisiasi upaya amandemen UUD 1945. Khususnya terkait keserentakan pemilu dan pilpres. (***)

Reporter: Lukman Maulana

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.