Sopir Ambulans Terpapar Corona Usai Angkat Jenazah Pasien

INTREN.ID, BATAM – Seorang sopir ambulans di Batam terpapar virus corona baru (Covid-19) usai mengangkat jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) yang akan disemayamkan. Kabar tersebut disampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dalam pesan tertulisnya bertanggal 1 Juni 2020, Rudi memaparkan keterangan pasien tersebut berinisial DA (29). Bertempat tinggal di kawasan perumahan Perum Garden Raya Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota.

Kata Rudi, DA sebelumnya mengangkat jenazah PDP berinisial IA yang merupakan keluarga dari pasien nomor 101.

“Sempat dilakukan rapid, tetapi hasilnya non reaktif. Dan setelah dilakukan swab, baru didapat hasilnya positif terpapar dan ditetapkan sebagai pasien nomor 139,” ucap Rudi.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, DA merupakan sopir ambulans umum, bukan dari rumah sakit rujukan atau rumah sakit PDP dirawat sebelumnya.

“Dia sopir ambulans umum dan kita tidak tahu apakah yang bersangkutan pakai APD (alat pelindung diri, Red.) lengkap,” ucap Didi saat dihubungi intren.id, Selasa (2/6/2020).

Didi mengungkapkan, pemakaman jenazah pasien tidak melalui penanganan Covid-19 karena pasien telah dilakukan pemeriksaan swab sebanyak satu kali dan menunjukkan hasil negatif. Saat ini, kondisi DA dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Yang bersangkutan kini menjalani perawatan isolasi di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.