Silaturahmi ke MUI, Ketum Partai Demokrat AHY Tegaskan Siap Bersinergi

INTREN.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) silaturahmi kepada pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Selasa (14/7/2020) siang, di Kantor Pusat MUI, Jalan Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat. Karena jarak yang cukup dekat hanya beberapa blok saja, AHY memilih berjalan kaki dari DPP Partai Demokrat ke kantor MUI.

“Maksud dan tujuan kedatangan saya dan jajaran Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat adalah untuk membangun tali silaturahim yang lebih baik lagi antara Partai Demokrat dengan MUI,” ujar AHY.

Kata dia, sudah lama sebetulnya pertemuan direncanakan. Apalagi kantor Partai Demokrat ini dekat sekali dan bertetangga. Namun karena dinamika situasi negara saat ini di tengah-tengah pandemi Covid-19, baru kali ini bisa diwujudkan.

“Yang jelas, selain silaturahmi kami juga membangun semangat kebersamaan, sinergi, dan kolaborasi antara dua institusi yang memiliki peran masing-masing di negara ini,” sebut AHY.

“Tentu kami sangat menghormati MUI sebagai lembaga independen yang mengoordinasikan berbagai organisasi Islam di Indonesia dan juga terus memperjuangkan segala hal yang menyangkut keumatan umat Islam. Dan tentunya secara luas untuk masyarakat dan bangsa negara kita,” tambahnya.

Serupa dengan MUI, Partai Demokrat, terang AHY, juga memperjuangkan aspek yang sama. Di Partai Demokrat secara politik terus memperjuangkan berbagai aspek yang serupa.

- ADVERTISEMENT -

“Tentu juga berbicara tentang umat Islam, tentang rakyat dan negara secara keseluruhan. Di sana-sini banyak hal yang bisa dilakukan kerja sama dan saling menguatkan satu sama lain. Contohnya di berbagai isu tertentu kami memiliki kesamaan cara pandang yang tentunya suara MUI bisa kami perkuat melalui suara anggota DPR RI maupun DPRD di berbagai wilayah,” urai AHY.

“Sebaliknya kami juga berharap jika ada perjuangan Partai Demokrat yang senada dengan perjuangan MUI, bisa juga disosialisasikan di akar rumput, terutama di kalangan umat Islam,” sambung putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Secara khusus dalam pertemuan yang berlangsung hangat selama hampir dua jam, juga membahas RUU HIP yang beberapa waktu lalu menjadi kontroversi di negara kita.

“Alhamdulillah Partai Demokrat dan MUI tegas menolak RUU HIP. Ini merupakan set back historis, yang menimbulkan masalah baru yang tidak diperlukan di negeri kita. Di saat kita semua fokus untuk melawan pandemi Covid-19,” tutur AHY.

Sementara itu Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI KH Muhyiddin Junaidi kembali menjelaskan tujuan kedatangan pimpinan Partai Demokrat. Tujuan utama dari kehadiran Ketua Umum Partai Demokrat beserta jajarannya ke kantor MUI adalah untuk silaturahmi.

“Kami juga memiliki kesamaan cara pandang dalam beberapa isu yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Semoga kunjungan ini bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Insyaallah,” tandasnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.