- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Siapkan Perwali Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, Dinas Kesehatan Bontang Klaim Tak Melenceng dari Inpres

INTREN.ID, BONTANG – Penyusunan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang merupakan turunan dari Instruksi Presiden (Inpres) 6/2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian virus corona baru (Covid-19). Hingga saat ini masih dalam pembahasan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan bagian hukum Pemkot Bontang.

“Kami belum bisa memastikan sudah berapa persen. Namun saat ini masih on progres,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dr Bahauddin.

Kata dia, dalam pembahasan Perwali ini tentu banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Namun demikian substansi dalam Perwali ini nantinya tidak akan keluar dari Inpres 6/2020 itu.

- ADVERTISEMENT -

“Termasuk sanksinya juga akan mengacu pada substansi di Inpres tersebut. Tahapan sosialisasi baru bisa dilakukan jika Perwali sudah disahkan di provinsi,” terangnya.

Inpres ini diterbitkan untuk memberikan landasan hukum bagi upaya penanganan situasi pandemi Covid-19. Serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan.

Inpres itu sekaligus menjadi dasar hukum bagi pemerintah daerah untuk memasifkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan menetapkan kewajiban masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Sekaligus, menetapkan sanksi bagi pelanggar dimana sanksi dapat disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing daerah. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Get real time updates directly on you device, subscribe now.