Seribuan Lebih WNI di Amerika Serikat Aman dari Kerusuhan Rasial

INTREN.ID – Sebanyak 1.990 warga negara Indonesia (WNI) dipastikan aman dari aksi kerusuhan rasial “Black Lives Matter” di Amerika Serikat. HAl ini ditegaskan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago, Amerika Serikat.

KJRI dalam pernyataan tertulis menyatakan, sampai dengan pukul 12.00 Sabtu malam (30/5/2020), WNI yang ada di kota-kota yang dilanda aksi protes dalam keadaan baik dan aman. Jumlah WNI yang terdapat di kota-kota tersebut meliputi 864 orang di Chicago, 272 orang di kota kembar Minneapolis dan St. Paul, 334 orang di Detroit, 36 orang di Des Moines, 81 orang di Cincinnati, 277 orang di Columbus, 68 orang di Cleveland, 31 orang di Toledo, serta 27 orang di Dayton.

Wilayah yang disebutkan KJRI Chicago menempati daerah Midwest yang menjadi area kerja KJRI Chicago. KJRI Chicago mengimbau WNI agar tetap tenang dan waspada serta menghindari tempat-tempat aksi unjuk rasa.

“KJRI Chicago terus berkomunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia di kota-kota tempat terjadinya aksi-aksi tersebut sekaligus melibatkan warga untuk menyebarluaskan imbauan-imbauan KJRI via pesan singkat maupun media sosial,” terang kantor perwakilan Indonesia itu.

“Jika terdapat warga Indonesia yang memerlukan bantuan agar segera melaporkan ke Hotline 24 jam KJRI,” sambungnya.

- ADVERTISEMENT -

Black Lives Matter sendiri adalah aksi slogan utama unjuk rasa ribuan warga Amerika Serikat yang memprotes pembunuhan seorang warga kulit hitam, George Floyd. Floyd dibunuh seorang anggota kepolisian Kota Minneapolis, Minnesota, Derek Chauvin.

Aksi unjuk rasa di kota kembar Minneapolis dan St Paul masih berlanjut sepanjang Sabtu dan unjuk rasa telah menyebar ke 30 kota di Amerika Serikat. Termasuk di antaranya San Fransisco dan Los Angeles di negara bagian California; Portland di Oregon; Houston dan Dallas di Texas; Atlanta di Georgia; Richmond di Virginia; Phoenix di Arizona; New York dan Seattle di Washington; Virgina dan Charlotte di North Carolina.

Floyd tewas setelah disiksa oleh Chauvin, anggota kepolisian Minneapolis yang saat ini telah dipecat dari kesatuannya. Chauvin juga dituntut atas dugaan pembunuhan tingkat tiga dan tingkat dua.

“Chauvin telah ditahan di Ramsey County Jail dengan jaminan USD 500.000 (sekira Rp 7,161 miliar),” jelas KJRI Chicago. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.