Seratusan Sampel Swab Negatif, Belum Ada Kasus Baru Corona di Batam

INTREN.ID, BATAM – Hasil dari 106 sampel swab virus corona baru (Covid-19) di Batam telah keluar. Kabar baiknya, semua sampel tersebut dinyatakan negatif, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Diketakan, 106 sampel tersebut merupakan hasil pemeriksaan yang keluar sejak 9 hingga 10 Mei 2020 kemarin. Ada 66 hasil sampel yang keluar pada 9 Mei, sementara pada 10 Mei ada 40 sampel.

“Alhamdulillah seluruhnya negatif. Ini tren yang menggembirakan,” ucap Didi, Ahad (10/5/2020).

Dari 106 sampel tersebut, satu di antaranya adalah swab milik Wernandes. Pria ber-KTP luar Batam ini sempat dicari-cari selama hampir satu bulan lamanya. Lantaran dia satu-satunya penumpang KM Kelud dengan hasil Rapid Diagnose Test (RDT) Reaktif.

“Untuk penumpang lebih dari 30 orang yang turun di kota Batam. Semua langsung di rapid test dan hanya Wernandes yang menunjukkan hasil reaktif,” kata Didi.

Wernandes baru ditemukan tim surveilans di wilayah Bengkong, saat tim kecamatan turun penyisiran di masjid tempat pasien positif nomor 35 sempat tarawih berjemaah. Setelah ditemukan, Wernandes langsung mengikuti uji swab.

Selain terkait pasien 35, dalam 106 sampel dengan hasil negatif ini juga termasuk enam orang jemaah tabligh warga negara India. Sebelumnya, satu orang WN India ini terkonfirmasi positif kasus nomor 32 di Kota Batam.

Saat hasil swab rekannya yang kini telah meninggal tersebut keluar, keenam orang lainnya langsung diangkut ke rumah sakit khusus infeksi (RSKI) Covid-19 di Galang. Empat jemaah tabligh dari Kota Batam yang rutin mengirim makanan ke rombongan dari India itu juga dibawa ke RSKI.

- ADVERTISEMENT -

“Kalau uji swab empat warga Batam sudah lebih dahulu keluar dengan hasil negatif Covid-19,” ungkap Didi.

Kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Azril Apriansyah, untuk penanganan selanjutnya dari jemaah tabligh akan terlebih dahulu dibahas lintas instansi

“Untuk yang enam orang ini sedang dikoordinasikan di Gugus Tugas,” katanya.

Untuk saat ini, telah ada 22 pasien di kota Batam yang dinyatakan sembuh dari 38 pasien. Tujuh pasien di antaranya dinyatakan meninggal dunia, dengan rincian dua wanita dan lima pria.

Sementara untuk 10 pasien yang kini masih menjalani perawatan di beberapa RS rujukan, dinyatakan dalam kondisi yang stabil. “Masih ada lima pasien wanita dan lima pasien pria,” kata Azril.

Untuk para 40 ABK KM Kelud yang sempat menjalani isolasi di RSKI Galang, 11 di antaranya dinyatakan negatif dan ada 29 orang positif. Namun telah ada sebanyak 25 orang dinyatakan sembuh sementara empat orang kini masih menjalani perawatan dan juga dalam kondisi yang stabil. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.