Seratusan Lebih Warga Bontang Sudah Jalani Pemeriksaan Swab Corona

INTREN.ID, BONTANG – Hingga Kamis (4/6/2020) lalu, Tim Gugus Percepatan dan Penanganan Covid-19 Bontang mencatat sudah ada 167 warga Kota Taman yang melakukan tes swab. Sebanyak 13 orang di antaranya dinyatakan positif, 144 orang dinyatakan negatif, dan 10 orang lagi masih menunggu hasil lab keluar.

“Saat ini Kaltim sudah memiliki tiga tempat pemeriksaan swab. Sehingga hasilnya bisa kita dapatkan lebih cepat dari sebelumnya yang berada di Surabaya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dr Bahauddin.

Dirinya memaparkan, tiga lokasi tersebut adalah di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan, RSUD AW Syahrani Samarinda, dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. “Mulai 28 Mei 2020 lalu, pemeriksaan swab Bontang dilakukan di Labkesda Kaltim,” terangnya.

- ADVERTISEMENT -

Selain bisa mendapatkan hasil lebih cepat, adanya tiga lokasi ini juga bisa memberikan gambaran tim gugus Covid-19 Bontang untuk melakukan tindakan penanganan dan pencegahan penyebaran virus lebih cepat. Sehingga diharapkan Bontang bisa zero kasus dan segera lepas dari status Kejadian Luar Biasa (KLB).

Sebagai informasi, hingga Jumat (5/6/2020) kemarin masih terdapat 4 pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUD Taman Husada Bontang. Mereka adalah pasien BTG 06, BTG 09, BTG 12, dan yang terbaru BTG 13. Tiga di antaranya masih menunggu hasil swab kedua untuk dinyatakan sembuh, dan satu orang masih menjalani perawatan intensif lantaran baru terpapar Covid-19. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.