Sequis Hadirkan X Booster, Jawaban Kebutuhan Biaya Medis Penyakit Kritis

INTREN.ID, JAKARTA – Setelah sukses meluncurkan produk asuransi kesehatan Sequis Q Infinite MedCare Rider dengan Limit Booster pada pertengahan tahun 2019, Sequis melakukan pengembangan fasilitas pada produk SQIMC, yaitu dengan tambahan fasilitas X Booster.

CEO & President Director Sequis Life, Tatang Widjaja mengatakan, sekitar 30 tahun yang lalu mayoritas penyebab klaim berasal dari penyakit-penyakit yang bersifat infeksi atau menular, sedangkan pada masa kini, mayoritas penyebab klaim disebabkan oleh penyakit-penyakit tidak menular atau biasa lebih dikenal dengan penyakit kritis.

Angka penyebab kematian karena penyakit kritis atau Non Communicable Disease (NCD) terbilang tinggi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi kesehatan masih rendah sehingga jika terjadi penyakit kritis. Mereka tidak mempunyai kemampuan finansial untuk menjalankan prosedur perawatan kesehatannya secara optimal. Oleh karena itu, hadirnya X Booster ini adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan perlindungan dari penyakit kritis.

β€œHadirnya Sequis Q Infinite MedCare Rider dengan X Booster bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat secara komprehensif sehingga kami berharap SQIMC dengan X Booster dapat menjadi solusi bagi permasalahan kesehatan di Indonesia karena manfaat dan pilihan perlindungan produk yang lengkap, yaitu membantu masyarakat mengantisipasi beban finansial yang dapat ditimbulkan karena penyakit kritis dan pengobatannya. Kami juga berharap SQIMC dengan X Booster akan membantu memberikan harapan hidup yang lebih panjang bagi pasien dengan penyakit kritis karena mereka bisa mendapatkan perawatan yang berkualitas yang ditanggung oleh Sequis,” ujar Tatang.

Adapun manfaat yang diberikan X Booster, seperti penggantian biaya kesehatan sesuai tagihan untuk rawat jalan kanker dan cuci darah hingga Rp 90 miliar per tahun serta penambahan manfaat biaya pemantauan atas 10 penyakit kritis, manfaat pengobatan eksperimental untuk kanker, penggantian biaya untuk donor pihak ketiga, dan manfaat spesial X-Back yang memberikan pengembalian 10 persen dari jumlah klaim yang telah dibayarkan Penanggung lain atau produk lain selain Sequis Q Infinite MedCare Rider.

Sequis mencatat total pembayaran klaim tahun 2018 untuk penyakit kritis, mencapai lebih dari Rp 281 miliar. Dari angka tersebut, lebih dari Rp 188 miliar (66 persen) klaim dibayarkan untuk penyakit kritis, yaitu penyakit yang tidak menular tetapi berlangsung lama.

Pada tahun 2019, tercatat hingga kuartal III-2019, Sequis telah membayarkan total klaim kesehatan sebesar Rp 216,1 miliar. Dari angka tersebut, lebih dari Rp 161 miliar dibayarkan untuk klaim kesehatan karena penyakit kritis NCD. Dibanding kuartal yang sama di tahun 2018, pembayaran klaim kesehatan di tahun 2019 meningkat hingga lebih dari 14 persen dan khusus klaim kesehatan karena penyakit NCD, nilainya naik hingga 15 persen.

Tambahan data kesehatan dari WHO tahun 2018 menyebutkan bahwa penyebab kematian di negara berkembang termasuk Indonesia hampir 80 persen disebabkan oleh NCD. Kementerian Kesehatan melalui Laporan Riset Kesehatan Dasar 2018 juga mengklaim bahwa prevalensi penyakit kanker, stroke, ginjal, diabetes melitus, dan hipertensi mengalami peningkatan. Artinya, risiko masyarakat Indonesia terserang penyakit kritis NCD semakin meningkat.

- ADVERTISEMENT -

Fakta dari WHO dan Kemenkes serta meningkatnya persentase pembayaran klaim yang dilakukan oleh Sequis seharusnya menjadi sinyal bagi kita bahwa bahwa penyakit kritis berpotensi semakin meningkat dan kebutuhan akan biaya medis pengobatan penyakit kritis juga akan semakin meningkat di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Untuk itu, sudah seharusnya masyarakat memiliki asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis terutama bagi mereka yang rentan terkena penyakit kritis atau memiliki faktor keturunan dan bermanfaat juga untuk mengantisipasi kerugian ekonomi atau loss of income jika harus mendapatkan perawatan medis.

Sequis Q Infinite MedCare Rider dengan X Booster memiliki beberapa fitur keunggulan yang belum pernah ada sebelumnya di pasaran, yaitu dengan adanya unique selling point 3X (tiga X), yaitu:

  • X-Tensive; perlindungan tidak terbatas (Infinite) untuk biaya harian kamar rumah sakit, biaya harian kamar perawatan intensif, biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, biaya rawat jalan gigi darurat dalam kurun waktu 48 jam sejak terjadi kecelakaan, dan biaya jasa ambulan di dalam dan luar negeri.
  • X-Charge; manfaat penggantian biaya kesehatan sesuai tagihan (as charged) untuk rawat jalan kanker dan rawat jalan cuci darah.
  • X-Tra; tersedia 4 tambahan manfaat spesial terhadap penyakit kritis, yaitu perawatan eksperimental untuk kanker, penggantian biaya untuk donor pihak ketiga, biaya pemantauan penyakit kritis serta X-Back, yaitu cashback 10 persen dari total klaim kesehatan yang memenuhi syarat dan apabila klaim tersebut dibayarkan oleh Penanggung lain atau produk lain selain Sequis Q Infinite Medcare Rider.

 

CI Playbook untuk Kemudahan Agen

Menjelaskan penyakit kritis kepada calon nasabah adalah hal yang cukup kompleks. Guna mempermudah agen asuransi Sequis dalam memberikan informasi keunggulan 3X unique selling point Sequis Q Infinite Medcare Rider X Booster dan memberikan pengetahuan mengenai manfaat asuransi penyakit kritis kepada calon nasabah maka Sequis menghadirkan CI (Critical Illness) Playbook.

CI Playbook tersedia dalam bentuk cetak (hardcopy) dan (softcopy) melalui jalur online. Pada playbook, tersedia ilustrasi online yang memperhitungkan kebiasaan atau gaya hidup pengguna, peristiwa hidup dengan atau tanpa perlindungan asuransi penyakit kritis. Ada juga kalkulator CI yang menghitung estimasi biaya perlindungan penyakit kritis yang paling sesuai dengan kebutuhan hidup dari calon nasabah. Rasio terbaik untuk kebutuhan minimum perlindungan asuransi kesehatan penyakit kritis adalah 3-4x pendapatan tahunan calon nasabah.

CI Playbook juga telah dilengkapi dengan Frequently Asked Question (FAQ), yaituΒ  sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan calon nasabah mengenai penyakit kritis. Disajikan dengan desain yang menarik, interaktif, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga dapat digunakan oleh agen sebagai panduan untuk menjawab pertanyaan calon nasabah seputar produk asuransi penyakit kritis Sequis.

Memilih asuransi penyakit kritis perlu pertimbangan yang detail, misalnya berapa jumlah Uang Pertanggungan yang ideal, plan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan, berapa jumlah anggaran yang harus disediakan, dan kemampuan membayar premi. Hal ini mengingat pembayaran premi akan bersifat mengikat hingga jangka waktu tertentu sesuai perjanjian dalam polis.

Untuk itu, sebelum membeli asuransi kesehatan dan penyakit kritis, nasabah perlu merencanakan dengan baik tujuan membeli asuransi dan mengetahui manfaat apa yang akan diperolehnya dari polis asuransi tersebut. Peran CI Playbook tentunya akan sangat berguna bagi agen Sequis saat menawarkan produk asuransi agar sesuai dengan profil dan kebutuhan nasabah. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.