Sennheiser Umumkan Rencana Memperluas Rangkaian Evolution Wireless Digital, Luncurkan Produk Akhir Tahun 2022

INTREN.ID, JAKARTA – Pada InfoComm, spesialis audio, Sennheiser telah mengumumkan rencananya untuk memperluas rangkaian mikrofon nirkabel Evolution Wireless Digital. Dinamakan EW-DX, sistem mikrofon baru ini akan menyederhanakan alur kerja dengan memanfaatkan teknologi yang disempurnakan untuk menghadirkan sistem UHF digital yang dapat diskalakan dengan mudah.

Set lengkap produk baru EW-DX akan mencakup alat genggam, bodypack, dan pemancar table stand, dua versi saluran receiver dalam ruang rak setengah dalam format 19” (satu dengan Dante dan satu tanpa Dante®), serta empat saluran receiver Dante yang diaktifkan dalam format 19”. Peluncuran produk pertama dan perangkat lunak akan tersedia sekitar akhir tahun 2022, dengan diikuti item lainnya pada awal pertengahan tahun 2023.

“Kami sangat antusias untuk memberikan gambaran pertama kepada pengunjung InfoComm mengenai apa saja yang tersedia untuk mereka di akhir tahun ini dan pada tahun 2023 nanti,” ujar Manajer Produk Utama Wireless yang juga Komunikasi Bisnis Sennheiser, Michael Altemark kepada intren.id.

Dengan memperluas Evolution Wireless Digital Family yang sukses, sambung dia, produk EW-DX akan mewarisi fitur keluarga seperti latensi terendah di pasar, jarak frekuensi yang sama, dan ultra-wide rentang dinamis input, dan juga menambahkan kemampuan baru yang menarik.

“Ini termasuk opsi pemancar dan receiver tambahan seperti versi Dante, pengaturan RF multi-saluran otomatis, kontrol dan pemantauan jarak jauh yang dapat diskalakan serta enkripsi AES-256 untuk transmisi konten yang aman,” jelasnya.

Sebagai bagian dari Evolution Wireless Digital Family, EW-DX menghilangkan kerumitan nirkabel dan telah direkayasa dengan cermat untuk tidak menghasilkan produk intermodulasi yang signifikan. Oleh karena itu, hanya dengan menekan satu tombol, fungsi auto scan dapat menetapkan frekuensi secara otomatis menggunakan kisi penyetelan jarak yang sama, memungkinkan lebih banyak saluran untuk dikemas ke dalam jendela frekuensi tertentu. Pemancar disinkronkan dengan nyaman melalui Bluetooth® Low Energy.

Receiver dengan Dua Saluran dan Empat Saluran

Dengan menambah satu saluran receiver, EW-DX menawarkan tiga versi, yakni receiver dengan dua saluran berukuran setengah terdiri dari satu yang dilengkapi dengan Dante dan satu tanpa Dante, serta receiver yang dilengkapi dengan empat saluran Dante dengan ukuran penuh yakni 19”.

Versi Dante juga menawarkan berbagai mode jaringan untuk diintegrasikan secara fleksibel ke dalam alur kerja yang ada. Jarak yang konsisten dalam produk Sennheiser membuat receiver memiliki bandwidth switching hingga 88 MHz dengan 146 saluran dalam mode standar dan 293 dalam mode tautan yang banyak.

Pemancar EW-DX: E-ink dan Mute Switch yang Mudah Diprogram

EW-DX menawarkan dua pilihan bodypack, dua pemancar genggam, dan dua pemancar yang dapat diletakkan di atas meja. Daya keluarannya sebesar 10 mW dengan jangkauan hingga 100 meter (328 kaki).

Semua unit ini mendapat manfaat dari rentang dinamis input dari lebarnya audio yang sama dengan model EW-D yang ada, dengan pemancar genggam dan bodypack tambahan yang menampilkan kontrol trim untuk mengadaptasi pemancar individu secara bergantian pada saluran penerima yang sama, misalnya ketika sedang menggunakan beberapa gitar secara bersamaan.

Pemancar genggam dan bodypack akan menjadi pemancar pertama di pasar yang menampilkan tampilan e-ink. Bahkan saat pemancar dimatikan, pengguna masih dapat membaca semua data perangkat penting. Kedua jenis pemancar akan dilengkapi dengan kontak pengisian daya dalam perangkat. Dengan menggunakan paket baterai isi ulang BA khusus, mereka akan memiliki waktu pengoperasian sekitar 12 jam.

Bodypack akan tersedia dengan konektor mikrofon jack 3-pin atau 3,5 mm (1/4”) yang dapat digunakan dengan seluruh mikrofon clip-on dan headset Sennheiser, miniatur mikrofon Neumann, serta instrumen-instrumen kabel lainnya. Bodypack ini dilengkapi dengan tombol senyap yang dapat diprogram dengan mudah dan fitur-fitur pada kabel emulasi untuk gitaris dan bassis.

Pemancar genggam juga akan tersedia dalam dua jenis, yakni satu tanpa pilihan tombol senyap dan lainnya dengan pilihan tombol senyap yang dapat diprogram dengan mudah (RF mute, AF mute, no function). Mikrofon ini akan dilengkapi dengan kapsul interface standar yang dimiliki oleh Sennheiser, siap digunakan untuk 14 kepala mikrofon Sennheiser dan Neumann.

Terdapat juga dua jenis pemancar table-stand, yakni jenis mikrofon dengan konektor XLR-3 untuk mikrofon gooseneck standar dan jenis dengan konektor XLR-5 untuk mikrofon gooseneck dengan ring ringan. Table stand yang tersedia dapat diisi daya secara induktif dengan unit isi daya CHG 2W, dan dapat bertahan hingga 11 jam hanya dengan melakukan sekali pengisian daya.

Perangkat Lunak

EW-DX akan terintegrasi dengan perangkat lunak Sennheiser Control Cockpit, desktop perangkat lunak Wireless System Manager dan Smart Assist App. Selain itu, akan terdapat juga plug-in yang dapat digunakan untuk mengarahkan perangkat lunak kontrol pihak ketiga. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.