Senator Kaltim Soroti Kebakaran Kilang Balikpapan, Harus Ada Investigasi dan Evaluasi Menyeluruh

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Terbakarnya salah satu kilang milik PT Pertamina (Persero) di Kota Balikpapan, Jumat (4/3/2022) mengagetkan banyak pihak. Kendati kejadiannya bisa diatasi dan tidak sampai menyebabkan dampak yang lebih besar, namun peristiwa itu sangat disesalkan.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mendesak agar aparat kepolisian melakukan investigasi terkait penyebab kebakaran tersebut. Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan apakah ada unsur kelalaian atau murni bencana dalam kejadian itu.

“Memang harus diselidiki. Kita belum tahu apakah ada kelalaian dalam peristiwa itu. Atau apakah ada penyebab lainnya. Kasus kebakaran kilang di Kota Balikpapan harus menjadi atensi karena berkaitan erat dengan objek vital nasional,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu juga meminta agar manajemen perusahaan pelat merah itu segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap manajemen risiko kesehatan dan keselamatan kerja. Jangan sampai ke depan malah merugikan perusahaan, lingkungan, dan masyarakat.

“Kebakaran di kilang ini bukan yang pertama. Makanya, Pertamina perlu melakukan evaluasi total atas kinerjanya dalam melakukan mitigasi terhadap risiko operasional yang bisa merugikan perusahaan, lingkungan, dan masyarakat. Tidak hanya di Kota Balikpapan, melainkan juga seluruh kilang di Indonesia,” tegas Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Sebagaimana diketahui, salah satu kilang milik PT Pertamina (Persero) di Kota Balikpapan, Jumat (04/03/2022). Lokasi tepatnya berada di Refinery Unit (RU) V. Dugaan sementara, kebakaran di area RU V itu disebabkan flash di inlet pipa finfan cooler hydrocracker B. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.