Sempat Tak Jelas, Dinas Kesehatan Bontang Akui Ada Kasus Baru Corona

INTREN.ID, BONTANG – Informasi simpang siur perihal bertambah atau tidaknya pasien terkonfirmasi positif virus corona baru (Covid-19) terjawab sudah. Pasien berkode BTG 13 dipastikan positif tertular Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin melalui konferensi video, Kamis (4/6/2020) menyatakan, data dari Diskes Kaltim tersebut benar adanya. Namun pada Rabu (3/6/2020) kemarin, pihaknya mengaku masih mendapatan informasi yang belum lengkap terkait pasien BTG 13 tersebut.

Itulah yang membuat Diskes Bontang belum bisa memublikasikannya. Bahauddin pun mengaku sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Diskes Kaltim untuk tidak dahulu memublikasikan. Sayangnya Diskes Kaltim tetap mengeksposenya hari itu juga.

“Kalau datanya dengan provinsi sama. Hanya beda timing saat publikasinya,” klaim Bahauddin.

Kronologinya, Tim Gugus Covid-19 menerima informasi tersebut pukul 08.00 Wita melalui telepon. Namun karena belum mendapatkan bukti yang kuat, pihaknya melakukan penelusuran kepada yang bersangkutan pada siang hari sekira pukul 13.30 Wita. Namun Tim Gugus Covid-19 baru bisa mendapatkan akses ke yang bersangkutan pada pukul 17.00 Wita.

“Langsung kami perintahkan puskesmas di wilayah kerja orang tersebut berdomisili untuk melakukan tracing dan wawancara. Biar informasinya tidak setengah-setengah,” terangnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, pasien BTG 13 ini berjenis kelamin laki-laki, berusia 30 tahun. Sebelumnya berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan dirawat di RS Pupuk Kaltim.

Pasien BTG 13 ini merupakan salah satu karyawan perusahaan swasta di Bontang dan tidak memiliki riwayat perjalanan. Namun yang bersangkutan pernah melakukan kontak dengan keluarga yang baru datang dari Yogyakarta dua bulan lalu.

“Berdasarkan informasi, kasus BTG 13 kontak dengan keluarga tersebut setelah selesai masa isolasi mandiri. Kasus BTG 13 juga masuk kerja dan kontak dengan teman kerja,” papar Bahauddin.

Lalu pada Jumat (29/5/2020) lalu melalui hasil skrining rapid tes yang dilakukan oleh perusahaan tempat pasien BTG 13 bekerja, yang bersangkutan dinyatakan reaktif. Dua hari berikutnya dilakukanlah tes swab dan di hari yang sama hasilnya dikirimkan ke RS Pertamina Balikpapan.

Baru pada Rabu (3/6/2020) kemarin hasilnya dinyatakan positif terpapar Covid-19. “Saat ini sedang dirawat di rumah sakit dan kondisinya baik,” sebut Bahauddin.

Sebagai informasi, selain terdapat penambahan satu pasien positif Covid-19, per Kamis (4/6/2020) juga terdapat penambahan tiga pasien yang dinyatakan sembuh, penambahan 6 pasien OTG, dan penambahan 39 orang yang masuk dalam status monitoring. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.