Sempat Koma, Pasien Corona di Batam Ini Akhirnya Sembuh

INTREN.ID, BATAM – Tim medis dari RSUD Embung Fatimah Kota Batam menujukkan kebahagiaan yang lebih dari biasanya. Hal ini setelah satu pasien virus corona baru (Covid-19) bernama Adriansyah (34) yang sempat mengalami koma dan menggunakan alat bantu pernapasan (ventilator) selama 18 hari akhirnya dinyatakan sembuh.

Direktur RSUD Embung Fatimah, dr Any Dewiyana mengatakan,Adriansyah merupakan pasien nomor 76 yang sejak awal dirawat telah dalam kondisi tidak stabil. Adriansyah diketahui telah menjalani perawatan sejak 15 Mei 2020 lalu karena mengalami keluhan batuk kering.

Kondisinya terus menurun akibat pneumonia dan masalah paru-paru. Bahkan selama 22 hari perawatan di ruang ICU, 18 hari menggunakan ventilator.

“Biasanya kalau pasien telah menggunakan ventilator, sudah tipis kemungkinan untuk hidup. Tetapi pasien ini tidak menyerah begitu saja,” ucap Any, Senin (8/6/2020).

“Alhamdulillah pasien ini bisa melewati beberapa fase hingga saat ini (kemarin, Red.) dinyatakan sembuh setelah dua kali menjalani swab dengan hasil negatif berturut-turut,” imbuhnya.

Di lokasi berbeda, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona baru (Covid-19) Muhammad Rudi memastikan semua pasien Covid-19 yang sembuh langsung diantar hingga ke rumah masing-masing. Bahkan petugas akan terus memantau pasien untuk tetap menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari setelah dinyatakan sembuh.

“Ini sudah tugas kami. Saat dinyatakan sembuh tidak begitu saja kami pulangkan. Ada prosesnya dan diantar langsung oleh petugas hingga ke rumah pasien,” sebut Rudi yang juga Wali Kota Batam ini. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.