Sempat Gagal Berangkat, Logistik Swab Corona Tiba di Batam

Dibawa Pesawat Skuadron TNI AU A-7305

INTREN.ID, BATAM – Logistik untuk mendukung pemeriksaan swab di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) kelas 1 Batam yang sebelumnya gagal berangkat dari Jakarta, akhirnya telah tiba di Bandara Hang Nadim Kota Batam, Kamis (30/4/2020) pagi.

Keberhasilan pengiriman logistik dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut atas kerja dari TNI AU dengan menggunakan pesawat Skuadron TNI AU A-7305. “Pesawat diterbangkan Pilot Letkol Pnb Ludwig,” ujar Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam, Mayor (Lek) Wardoyo kepada Intren.id.

Hal tersebut juga dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi. Untuk saat ini logistik tersebut telah dalam perjalanan menuju ke BTKLPP kelas 1 Batam.

Sementara untuk jumlahnya, Kepala BTKLPP kelas 1 Batam Ismail Damhuji menyampaikan bantuan Logistik dari BNPB melalui Litbangkes yang telah tiba di Batam ada 10 ribu tes untuk reagen PCR. Sementara untuk reagen ekstraksi ada sebanyak 7.500 Tes.

“Ini untuk data setelah kami lihat di manifes atau BAST-nya,” ungkap Damhuji. Pihaknya akan melakukan penghitungan secara ulang untuk memastikan jumlah logistik tersebut.

Sebelumnya logistik tersebut gagal diterbangkan pada Selasa (28/4/2020) dari pihak kargo. Dikarenakan adanya kandungan etanol yang merupakan kategori DG 8 explosive pada logistik tersebut. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.