Sembunyikan Sabu-Sabu di Celana Dalam, Wanita Ini Diamankan Bea Cukai

Berawal dari Kecurigaan Petugas Bandara Saat Pemeriksaan Tubuh

INTREN.ID, BATAM – Petugas Bea dan Cukai Bandara Hang Nadim Kota Batam berhasil mengamankan seorang perempuan berinisial RA (29). Pasalnya saat hendak melakukan penerbangan dari Batam menuju Balikpapan pada Kamis (23/4/2020) kemarin, RA kedapatan membawa sabu-sabu sebanyak 216 gram.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Sumarna mengatakan, penangkapan bermula dari kecurigaan petugas kepada RA saat memasuki kawasan bandara. Tepatnya saat melakukan pemeriksaan barang dan cek tubuh.

“Awalnya petugas tidak menemukan barang yang mencurigakan saat melakukan melakukan pengecekan barang bawaan. Namun saat melakukan pemeriksaan tubuh, petugas menemukan dua bungkus plastik bening yang diselipkan di bagian celana dalam yang digunakan oleh calon penumpang tersebut,” kata Sumarna, Jumat (24/4/2020).

Selanjutnya barang tersebut dilakukan uji Narcotic Idetification Kits (NIK). Hasilnya menunjukkan barang tersebut adalah methamphetamine atau sabu-sabu.

Sumarna mengatakan, dari pengakuan RA, barang haram tersebut adalah miliknya. Rencananya akan dibawa ke Balikpapan menggunakan penerbangan Lion air. Bea dan Cukai selanjutnya menyerahkan RA berikut barang bukti ke Ditresnarkoba Polda Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk proses lebih lanjut.

“Penindakan ini sebagai bentuk komitmen Bea Cukai Batam dalam pengawasan terhadap pemberantasan narkotika, psikotropika, dan prekursor (NPP) di tengah pandemik covid-19,” tegasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.