Sembilan Juta Lebih Wajib Pajak Sudah Laporkan SPT Tahunan

Lebih Rendah dari Penerimaan Periode Tahun Sebelumnya

INTREN.ID, JAKARTA – Sebanyak 9,71 juta Wajib Pajak baik Orang Pribadi maupun Badan telah melaporkan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan per 21 April 2020. Sebagaimana diungkapkan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo, Rabu (22/4/2020).

“Sampai dengan kemarin SPT yang diterima secara keseluruhan ada di angka 9,71 juta,” ungkap Suryo.

Kata dia, jumlah pelaporan SPT yang sudah diterima oleh DJP itu merupakan 52,97 persen dari target. Yaitu sekira 18 juta WP OP dan Badan. Total pelaporan sebesar 9.712.537 itu lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni 11.682.289 juta WP.

“Karena Covid-19, jadi masih ada sekitar 2 juta WP yang tahun kemarin sudah menyampaikan sedangkan tahun ini belum,” katanya.

Suryo merinci dari penyampaian SPT tersebut mayoritas dilakukan secara elektronik. Yaitu mencapai 96,5 persen dari total SPT yang diterima dan meningkat dari periode sama tahun lalu yaitu 93,78 persen.

- ADVERTISEMENT -

Sedangkan untuk pelaporan secara manual hanya dilakukan 339.517 WP. Angka ini juga lebih rendah dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yakni 727.048 WP.

“Saya berterima kasih karena dalam situasi ini semua komunikasi dilakukan kalau bisa secara elektronik. Untuk mengurangi interaksi antara kami dan WP sekaligus mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing,” tuturnya.

Suryo lantas meminta para WP agar segera melaporkan SPT karena akan berakhir pada 30 April 2020. Terutama disampaikan melalui elektronik atau non manual.

“Kami mengimbau kepada WP tolong mohon segera disampaikan SPT nya sampai akhir April 2020 ini dan dalam kondisi seperti ini kami membuka betul dan menambah layanan yang bisa dihubungi secara elektronik,” tandasnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.