Selangan City Dicanangkan Jadi Kampung Literasi, Demi Tingkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Bontang

INTREN.ID, BONTANG Selangan City, atau Pulau Selangan dicanangkan menjadi Kampung Literasi oleh Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bontang.

Kegiatan pencanangan tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, anggota DPRD Bontang Raking, Camat Bontang Selatan, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bontang, Kepala SDN 016 Bontang Selatan, dan Bunda-Bunda PAUD.

Dalam sambutannya, Basri menuturkan, masyarakat pembelajar adalah pemegang kunci kemajuan bangsa. Salah satu syarat utama menciptakan masyarakat pembelajar ialah masyarakat yang gemar membaca. Sehingga tingkat literasi berkorelasi positif terhadap ekonomi dan kesejahteraan.

“Ke depan Bontang yang lebih hebat adalah hebat pemerintahannya, hebat masyarakatnya, dan hebat kotanya. Termasuk di dalamnya peningkatan sektor pendidikan dan kesehatan, sehingga perlu didukung program Kampung Literasi,” jelas Basri di BPU Pulau Selangan, Senin (28/12/2020).

Pencanangan Kampung Literasi ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Ketika ingin berbicara cerdas, pintar, maka harus rajin membaca buku. Seperti slogan membaca bahwa buku adalah jendela dunia. Sebab dengan buku bisa diketahui isi dunia, termasuk sejarah, dan menambah wawasan.

“Anak-anak Bontang, teruslah belajar, teruslah membaca, para orang tua juga diharapkan bisa mendukung anak-anaknya,” pinta Basri.

Basri berharap corporate social responsibility (CSR) perusahaan juga bisa membantu membangunkan perpustakaan di Selangan City. Kegiatan pencanangan ini juga sekaligus menyerahkan bantuan buku bacaan bagi anak-anak di Selangan City.

Kampung Literasi menjadi program Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat sejak tahun 2016, dan sampai 2020 ini program tersebut tetap dikembangkan untuk wilayah yang potensial. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.