Selamat Ya, Kota Balikpapan Berhasil Meraih Lencana Mitigasi dan Adaptasi dari GCOM

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan berhasil meraih lencana mitigasi dan lencana adaptasi dari Global Covenant of Mayor (GCOM) pada Juli 2020 ini. Lencana ini diberikan karena Kota Balikpapan telah melakukan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan rencana aksi perubahan iklim. Yaitu target mitigasi dan target adaptasi, serta telah melakukan kajian kerentanan dan risiko iklim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Suryanto mengatakan, Kota Balikpapan telah memiliki target mitigasi dan target adaptasi serta telah melakukan kajian kerentanan dan risiko iklim yang dilaporkan melalui platform Carbon Disclosure Project (CDP) atau International Council of Local Enviromental Initiatives (ICLEI) pada Juli 2019.

“Dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, Pemerintah Kota Balikpapan melalui perangkat daerah terkait, swasta, dan masyarakat telah melakukan berbagai upaya pada lima bidang yang menjadi prioritas, yaitu energi, transportasi, limbah padat, limbah cair, dan program tambahan dalam bentuk penanaman pohon,” katanya.

Dari program dan kegiatan yang dijalankan tersebut, lanjut dia, sampai dengan 2018 diperkirakan terdapat pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 729.543,44 Ton CO2EQ, dengan target mitigasi pengurangan emisi GRK periode 2015-2020 sebesar 1.133.904 Ton CO2EQ.

“Dan, prediksi baseline jumlah emisi dengan skenario business as usual (BAU) tahun 2020 sebesar 5.846.878 Ton CO2EQ,” tutupnya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.