Sekolah Libur karena Corona, Pelajar SMA di Jakarta Senang

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meliburkan kegiatan belajar-mengajar slama dua pekan di semua sekolah terhitung Senin (16/3/2020). Keputusan ini diambil sebagai langkah pencegahan penularan virus Corona baru (Covid-19).

Kebijakan ini mendapat sambutan yang baik dari berbagai pihak, khususnya para pelajar. Sebagian pelajar merasa senang, namun berharap wabah virus Corona dapat segera dikendalikan.

Akio Rahmat Shigeno misalnya, salah seorang pelajar SMAN 48 Jakarta ini mengaku sudah mendapat informasi perihal diliburkannya sekolah. Dia mendapat edaran yang ditandatangani kepala sekolah, untuk sementara ini belajar di rumah.

“Ya senanglah (dapat libur). Jadi banyak waktu belajar untuk ujian nasional,” kata siswa kelas 12 ini kepada intren.id.

Sebelum sekolah diliburkan, Akio mengaku waswas menjelang ujian nasional. Sehingga dia memanfaatkan waktu yang ada dengan belajar semaksimal mungkin.

Kini dengan diliburkannya sekolah, tentu semakin banyak waktu yang dimiliki untuk belajar. Apalagi dia juga mendengar bahwa ujian nasional akan ditunda lantaran virus Corona tersebut. Persiapannya untuk ujian nasional pun semakin banyak.

- ADVERTISEMENT -

“Di hari libur ini saya akan belajar untuk ujian nasional, juga untuk persiapan masuk perguruan tinggi,” ungkap Akio yang berencana melanjutkan pendidikan ke Fakultas Psikologi ini.

Menurut Akio, mayoritas teman-temannya senang dengan diliburkannya sekolah selama dua pekan ini. Karena dapat lebih fokus dalam mempersiapkan ujian nasional.

Namun demikian, dia berharap wabah virus Corona ini dapat segera berakhir. Sehingga kegiatan belajar-mengajar bisa segera normal seperti sedia kala.

Bukan hanya pelajar, keputusan ini juga disambut baik orang tua siswa. Teguh, salah satu orang tua siswa menyatakan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap bagus, lantaran meminimalkan penularan virus Corona. Dia pun tak masalah bila anaknya belajar di rumah.

“Baguslah untuk meminimalkan penularan virus Corona. Toh belajar di rumah juga bisa. Tuh di YouTube banyak banget tutorial buat meningkatkan skill, mulai dari fotografi, videografi, beladiri, sejarah, sampai powerpoint. Yuk lah manfaatin situasi yang ada untuk tetap belajar dan berkarya,” sebut Teguh. (***)

Reporter: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.