Sejumlah Penumpang Ngamuk Gegara Antre Bagasi hingga Berjam-jam, Begini Klarifikasi Lion Air

INTREN.ID, TANGERANG – Penumpang maskapai Lion Air dikabarkan mengamuk saat menunggu bagasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (27/3/2022). Kejadian itu terekam dalam sebuah video yang beredar di Instagram.

Dalam narasinya, disebutkan bahwa banyak penumpang komplain ke kantor Lion Air Group akibat menunggu bagasi yang cukup lama. Bahkan ada yang dari pukul 14.00 siang sampai pukul 19.00 malam belum juga selesai, bunyi tulisan di akun tersebut, Senin (28/3/2022).

Dalam video juga terlihat sejumlah orang cekcok dengan petugas wanita. Bahkan penumpang pria tampak marah-marah kepada petugas tersebut. Bagasi saya di mana, ujar penumpang pria tersebut.

Melalui keterangan tertulis yang diterima intren.id, manajemen Lion Air pun memberikan penjelasan. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penjelasan operasional serta penanganan penumpang dan bagasi yang dititipkan nomor terbang JT-137 rute Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan tujuan Bandara Soekarno-Hatta telah dijalankan berdasarkan standard operating procedure (SOP) yang mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Lion Air penerbangan JT-137 telah dipersiapkan dengan baik. Jadwal keberangkatan pukul 14.55 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 16.05 WIB. Pada penerbangan ini, Lion Air membawa tujuh awak pesawat dan 189 penumpang,” kata Danang.

Dia menambahkan, penerbangan tersebut mengalami keterlambatan keberangkatan dikarenakan dampak dari pergerakan pesawat (rotasi) yang disebabkan faktor cuaca. Sehingga pada rotasi pesawat sebelumnya, Lion Air harus menunda keberangkatan.

Pesawat yang dioperasikan Lion Air tiba di Bandara HAS Hanandjoeddin pada 16.05 WIB. Setelah proses persiapan layanan di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-137 berangkat pukul 16.55 WIB dan sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pukul 17.45 WIB,” jelas Danang.

Kemudian, lanjut dia, pesawat parkir di apron Terminal 1A. Sementara, proses penanganan penumpang menggunakan bus penghubung menuju Terminal 2D. Saat tahapan penanganan bagasi, kondisi cuaca hujan deras yang mengakibatkan tertundanya penurunan bagasi.

Proses penurunan bagasi dan pengantaran bagasi dimaksud ke Terminal 2D membutuhkan waktu dan dilakukan setelah kondisi cuaca membaik. Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul. Lion Air telah berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik,” tutup Danang. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.