Sejumlah Daerah Gelar PSBB, Penyebaran Corona Diklaim Melambat

Sanksi Diterapkan pada Pihak yang Tak Patuh Protokol Kesehatan

INTREN.ID, JAKARTA – Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah di Indonesia tampaknya berhasil. Sejumlah provinsi disebut mengalami perlambatan dalam penyebaran virus corona baru (Covid-19) usai penerapan kebijakan PSBB.

“Dapat kami sampaikan telah terjadi perlambatan di beberapa provinsi terkait PSBB,” kata Ketua Tim Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Meski begitu, pria yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bukan lantas menjadikan penerapan kebijakan penanganan Covid-19 kendor. Semua pihak tetap diminta patuh pada protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

- ADVERTISEMENT -

Sejumlah daerah yang menerapkan PSBB pun, sebut Doni, telah memberikan peringatan berupa teguran sebagai sanksi. Sanksi diberikan kepada mereka yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Pemprov DKI misalnya, telah menegur 2.673 pabrik, industri, dan kantor serta menyegel sementara 168 pabrik,” ungkap Doni.

Contoh lainnya di Riau, yang menerapkan langkah hukum bagi pelanggar UU Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Kepada mereka yang berkumpul dan sesuai ketentuan diperiksa dan diproses masuk ke pengadilan. “Hal ini mendapat apresiasi dari Jaksa Agung dalam ratas,” tandasnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.