Segini Duit yang Harus Dikeluarkan untuk Ikut Ajang F1

INTREN.ID, JENEWA – Ajang balap Formula 1 adalah olahraga balap terbesar di dunia. Kecepatan, akurasi, ketahanan, dan skill menjadi penentu dalam olahraga ini.

Di cabang olahraga ini, desain dan produksi mobil adalah pekerjaan yang sangat rumit. Bahkan, setiap bagian dari mobil tidak dapat hanya diukur dari harga.

Namun, dari sudut pandang keuangan, setiap komponen harus memiliki harga dasar, tetapi harga ini hanya dapat merakit mobil balap yang dapat bergerak. Jika ditambah dengan biaya lainnya, merupakan total biaya sebenarnya dari operasi armada F1.

Jadi berapa biaya sebenarnya dari balap mobil F1? Mari kita simak.

- ADVERTISEMENT -

Menurut statistik, harga mobil F1 yang dapat bersaing adalah sekitar  980 ribu Euro. Harga ini hanya mobil yang bisa digunakan. Jika Anda ingin menjalankan mobil F1 selama setahun, Anda memerlukan banyak aksesoris.

Total biaya setahun yang harus dikeluarkan sangat besar. Menyentuh angka USD 8,84 juta. Angka-angka ini juga merupakan biaya dasar mobil F1.

Jika Anda menambahkan biaya penelitian, biaya desain, percobaan terowongan angin (bahkan biaya pembuatan laboratorium terowongan angin), uji coba terbuka dan swasta, jumlahnya bisa bertambah dua kali lipat.

Statistik yang baru juga tidak termasuk kerusakan mobil dan setiap kecelakaan pasti secara signifikan meningkatkan konsumsi jutaan euro.

Selain itu, jika Anda benar-benar menempatkan mobil F1 di lintasan, jangan lupa untuk membayar deposit 36,8 juta Euro di FIA. Ya, itu memang olahraga yang sangat menguras biaya. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.