Satlantas dan Sabhara Turun Tangan Padamkan Karhutla di Batam

INTREN.ID, BATAM – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda hutan di pinggir Jalan Sudirman dekat Kepri Mall, Kota Batam, Jumat (13/3/2020).

Mengetahui hal tersebut, personel Satlantas dan Sabhara dari Polresta Barelang langsung mengambil langkah cepat memadamkan api yang tengah menjalar.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Yunita Stevani, menyampaikan, kebakaran terjadi sekira pukul 13.30 WIB. Pihaknya lantas menghubungi unit Sabhara dan dibantu oleh para warga sekitar berjibaku memadamkan api.

“Tiga anggota Satlantas dan tiga anggota Sabhara melakukan pemadaman Karhutla tersebut,” terang Yunita.

Dijelaskan, satu unit armada dari Sabhara dikerahkan untuk membantu pemadaman api. Sehingga proses pemadaman tidak begitu lama.

- ADVERTISEMENT -

“Sekira pukul 14.00 WIB sudah berhasil kami padamkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini pihak kepolisian belum mengetahui apa yang menyebabkan lahan yang berada tidak jauh dari Pos Polisi Lalu Lintas 909 itu. Namun pihaknya menduga karena kecerobohan manusia.

“Kemungkinannya adalah puntung rokok yang dibuang sembarangan,” sambung Yunita.

Dalam kondisi musim kemarau yang berkepanjangan di Kota Batam, Yunita, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran ataupun membuang puntung rokok secara sembarangan. Karena hal tersebut yang bisa mengakibatkan karhutla yang membahayakan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.