Satgas Batam Gencar Pengecekan Corona Sampai ke Pulau-Pulau

Masyarakat Terbantu, Tak Perlu Jauh Periksakan Diri

INTREN.ID, BATAM – Tim Satuan Tugas (Satgas) Kecamatan Belakang Padang, Batam turut aktif melakukan pengecekan kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di kawasan Hinterland. Camat Belakang Padang Yudi Admaji mengatakan, pemeriksaan tersebut telah berjalan sejak Sabtu (2/5/2020) lalu di beberapa pulau.

Pemeriksaan dimulai dari dua kelurahan yang ada di pulau utama Belakang Padang. Yaitu Tanjung Sari dan Sekanak Raya dengan para tim yang terdiri dari tenaga medis Puskesmas, Lurah, Satpol PP, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. Pemeriksaan RDT difokuskan pada warga yang baru pulang dari luar kota dan juga luar negeri.

“Kami juga melakukan pemeriksaan kepada warga yang memiliki gejala batuk, demam, atau sakit tenggorokan,” ucap Yudi, Selasa (5/5/2020).

kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya penyisiran warga terkait Covid-19. Dengan melakukan RDT terhadap orang dalam pemantauan (ODP) yang sudah didata sekira dua pekan lalu.

“Kami lakukan penyisiran ke Pulau Lengkang, Pulau Sarang, dan Pulau Mat Belanda,” kata mantan Kabag Humas Setdako Batam ini.

Sementara itu Kepala Puskesmas Belakang Padang Sri Fetra Neti mengungkapkan, pihaknya merasa sangat terbantu dengan kehadiran Tim Satgas tersebut. Meskipun sejak dinyatakan sebagai pandemi dan dibentuknya satgas Covid-19 tingkat kecamatan, tim Belakang Padang pun sudah melakukan berbagai upaya pencegahan.

- ADVERTISEMENT -

Upaya preventif dilakukan salah satunya dengan menyeberang ari satu pulau ke pulau lainnya dengan boat. Naik turun tangga pelabuhan pun dirasa tak berarti dengan kekompakan tim ini.

“Mulai dari penyisiran, sampai RDT kami banyak dibantu tim Koramil, Polsek, Kecamatan, Kelurahan. Pihak RT/RW dan masyarakatnya pun sangat koordinatif dalam mendukung kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Ucapan terima Kasih, disampaikan Ketua RW di Pulau Sarang, Ahmad yang mewakili warga pulau setempat kepada tim Satgas. Menurutnya, selama ini apabila ada warga yang baru pulang dari luar Batam atau luar negeri, diarahkan untuk memeriksakan diri ke bidan setempat. Begitu juga warga yang sedang sakit, hanya diminta berobat ke bidan terdekat.

Hal tersebut juga sempat menimbulkan keraguan dan kekhawatiran tersendiri. Namun dengan adanya pemeriksaan dari tim satgas, dapat membuat masyarakat merasa terbantu dan lebih tenang dengan kondisi saat ini.

“Dengan tim datang seperti ini, kami tak perlu lagi cek ke Belakang Padang. Mudah-mudahan tak ada corona ini sampai di kampung kita,” tutur Ahmad. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.