Sambut Harganas, Samarinda Siap Menyukseskan Pemecahan Rekor MURI

INTREN.ID, SAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang berkomitmen menyukseskan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) 1 juta aseptor pada rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII/2020.

Hal terungkap dalam audiensi Kepala BKKBN Provinsi Kaltim, M Edi Muin bersama Wali Kota Samarinda yang didampingi Asisten I Setda Samarinda Tejo Sutarnoto dan Kepala BPPKB Samarinda Nurul Mu’minayati di rumah jabatan wali kota, Kamis (18/06/2020).

Edi mengatakan, kedatangannya dalam rangka meminta dukungan Samarinda guna mempersiapkan Harganas, juga untuk menguatkan rangkaian pihaknya di lapangan dalam mempersiapkan Harganas XXVII/2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 mendatang secara online.

“Seperti yang diketahui bersama, bahwa Kota Samarinda menjadi salah satu kota penyangga di Kalimantan Timur untuk keberhasilan program ini,” ujar Edi.

Dia menyampaikan beberapa program yang akan dilakukan pada Harganas di antaranya target pelayanan pada tanggal tersebut sebanyak 20.000 aseptor se-Kaltim, tentu saja kegiatan ini memerlukan dukungan semua pihak termasuk Wali Kota Samarinda.

“Kami merasakan persiapan yang dilakukan oleh Kota Samarinda sudah luar biasa,” tambahnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan Harganas tahun ini dilakukan secara online di seluruh Indonesia dan sekaligus pemecahan rekor MURI 1 juta pengguna aseptor se-Indonesia.

“Bukan pemecahan rekor Muri yang kita harapkan, melainkan memberikan kesan kepada masyarakat bahwa di masa Covid-19 ini yang tadinya kita terbatas akses pelayanan, maka pada tanggal 29 Juni itu kita menyapa keluarga dan kita hadir di tengah-tengah mereka,” imbuhnya.

Jaang sangat menyambut baik Harganas, sehingga menginstruksikan kepada dinas terkait langsung membentuk tim kerja dalam menyukseskan Harganas XXVII/2020 dan pada tanggal 29 Juni nanti di puskesmas-puskesmas akan ditambah jam pelayananannya mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 Wita.

“Semoga apa yang diharapkan BKKBN pusat akan tercapai dengan pemecahan MURI 1 juta aseptor pada Harganas nanti,” harap Jaang.

Kepala BPPKB Kota Samarinda, Nurul Mu’minayati menyatakan, pihaknya telah membentuk tim kerja untuk persiapan Harganas XXVII/2020 yang terdiri dari BPPKB, Dinas Kesehatan, puskesmas, serta fasilitas kesehatan lainnya yang ada di Kota Samarinda.

“Kota Samarinda ditargetkan menyiapkan sebanyak 3.883 pengguna aseptor. Oleh karena itu, perlu menyiapkan tenaganya seperti bidan, serta peserta aseptornya sendiri,” tutupnya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.