Sama-sama Basket, Ini Perbedaan Aturan Main 3×3 dan 5v5

INTREN.ID, SURABAYA – Olahraga basket memang unik. Jika selama ini identik dengan lima lawan lima alias 5v5, akhir-akhir ini justru kompetisi dengan format tiga lawan tiga alias 3×3 kian populer.

Yang menarik, ada kejuaraan dunianya. Bahkan, untuk peserta FIBA World Cup 3×3, pemain wajib memiliki akun dan jam terbang kompetisi serupa yang teregister di FIBA 3×3.

Kendati demikian, bukan berarti aturan basket 3×3 dan 5v5 itu sama. Buat kamu yang belum tahu, ini perbedaannya.

 

Jumlah Pemain

5v5 memiliki kewajiban mendaftarkan minimal lima pemain dan maksimal 12 pemain dalam scoresheet. Sedangkan untuk 3×3, pemain yang terdaftar minimal tiga pemain dan maksimal empat pemain.

 

Main Separo Lapangan

Dalam permainan 5v5, lapangan yang digunakan adalah full court dengan ukuran 28×15 meter. Ada dua ring basket yang berhadapan. Sementara dalam 3×3, ukuran lapangannya 15×11 meter dengan hanya memakai satu ring.

 

Waktu Bermain Singkat

Kompetisi 3×3 hanya butuh satu babak dengan waktu 10 menit di setiap laganya. Berbeda dengan 5v5 yang terbagi menjadi empat babak dengan waktu 10 menit setiap periodenya.

 

Perbedaan Sistem Poin

5v5 memiliki sistem dua dan tiga poin. Dua poin untuk tembakan dari dalam garis atau two point, dan tiga poin untuk tembakan di luar garis threepoint. Sementara 3×3, poinnya adalah dua dan satu. Dua poin untuk tembakan di luar garis threepoint, satu poin di area two point.

Selain itu, 3×3 ada batas poin untuk menang. Siapapun yang menyentuh poin 21 sebelum laga berakhir, dinyatakan sebagai pemenang. Sedangkan dalam 5v5 bebas mau masukkin berapapun poin.

 

Shotclock Cuma 12 Detik

Aturan shotclock 5v5 adalah 24 detik. Namun ketika berhasil melakukan offensive rebound, punya waktu 14 detik untuk menyelesaikan serangan. Sedangkan 3×3, shotclocknya 12 detik. Baik setelah berhasil melakukan offensive rebound maupun saat mencetak poin.

 

Bola Lebih Kecil

Dalam Bola basket 5v5, ada beberapa ukuran yang biasa digunakan, mulai 3, 5, 6, dan 7. Sedangkan bola untuk basket 3×3, umumnya menggunakan ukuran 6 dengan lingkar 72,5 cm. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.