Safaruddin Silaturahmi dengan Ketua RT di Samarinda, Fraksi PDI Perjuangan Wajib Bantu Warga

Rumah Aspirasi Safaruddin Salurkan Bantuan untuk Korban Terdampak Banjir

INTREN.ID, SAMARINDA – Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin SH kembali menyapa masyarakat. Usai bersilaturahmi dengan ketua rukun tetangga (RT) di Kota Balikpapan, Kamis (22/10/2021) giliran para ketua RT di Kota Samarinda.

Silaturahmi tatap muka itu dalam rangka pelaksanaan Reses Masa Sidang I Tahun Sidang 2021/2022. Lantaran masih dalam masa pandemi, pertemuan tatap muka pun dibagi dalam dua sesi. Itu dilakukan sebagai komitmen mematuhi protokol kesehatan. Kendati interaksi terbatas, keakraban pun tampak.

“Alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi setelah sekian lama terhalang oleh pandemi. Kita santai-santai saja, berbincang membahas apa saja yang mungkin bisa kita pecahkan bersama solusinya. Yang penting kita bisa bertemu dulu, karena silaturahmi itu penting,” kata Safaruddin yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu.

Dalam acara silaturahmi di Rumah Makan Ayam Gepruk Mba Wanda ini, Safaruddin ditemani anggota DPRD Kaltim sekaligus Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kaltim, Ananda Emira Moeis. Turut juga mendampingi Ketua DPRD Kota Samarinda, sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Samarinda, Sugiyono serta sejumlah anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Samarinda, Ahmad Vananzda, Angkasa Jaya Djoerani, dan fungsionaris partai lainnya.

“Di sini lengkap menemani saya, jadi apapun yang jadi keluhan dan persoalan bapak-ibu bisa juga disalurkan kepada beliau-beliau yang ada di DPRD provinsi dan kota. Silakan salurkan saja aspirasinya, selama itu urusan dan kepentingan demi masyarakat, insya Allah akan kita bantu semaksimal mungkin sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) atau kewenangan. Karena ini janji yang harus ditepati, kan kita duduk di dewan untuk bantu masyarakat,” terangnya.

Kehadiran Safaruddin disambut antusias ketua RT dari berbagai kelurahan di Samarinda. Mereka mengaku sangat merindukan sosok pria yang pernah menjabat Kapolda Kaltim ini.

“Terus terang kami sudah lama ingin bertemu bapak, kami hanya ingin mengucapkan terima kasih. Walaupun saat pandemi bapak tidak ada, tapi sentuhan bapak tetap hadir membantu kami. Warga kami sangat berterima kasih sudah dibantu bingkisan (sembako) saat pandemi dulu, mudah-mudahan bapak selalu sehat dan dimudahkan melaksanakan tugas,” ujar Ketua RT 24 Kelurahan Sungai Kapih, Bahtiar.

Hal senada juga disampai warga Samarinda lainnya, Marwiyah. “Bagi saya Pak Safar sangat memperhatikan masyarakat. Kami merasa berutang budi, salah satunya saat bapak bantu sunatan masal dan posyandu kami. Dan kami juga mohon air PDAM di tempat kami bisa mengalir bersih dan setiap hari, tidak seminggu sekali dan keruh,” ungkap Marwiyah.

Safaruddin pun mengaku hanya menjalankan tugas dan amanah. “Mau di dewan atau tidak, sudah kewajiban kita membantu sesama. Ini yang diajarkan agama dan pendahulu kita. Insya Allah semua keluhan bapakibu kami tampung, semua lengkap hadir di sini. Pak Sugiyono sebagai Ketua DPRD Samarinda dan teman-teman lainnya punya kapasitas untuk menyelesaikan persoalan bapakibu secara langsung,” terang anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Sejumlah RT lainnya pun turut menyampaikan aspirasinya terkait masalah sosial hingga infrastuktur lingkunganya masing-masing. Ada yang meminta perbaikan jembatan yang sudah tua dan rusak, normalisasi aliran sungai yang menyempit dan dangkal, drainase tersumbat, hingga masalah pertanahan dan pertambangan yang meresahkan masyarakat.

“Sudah kami catat, dan tolong ingatkan saya lagi. Bisa juga ke teman-teman yang lain sesuai tupoksi. Di sini ada Pak Ahmad di Komisi I DPRD Samarinda, urusan pertanahan bisa ke beliau. Ada juga Pak Angkasa Jaya di Komisi III DPRD Samarinda, pas untuk masalah infrakstuktur. Saya akan back up bagaimana masalah bapakibu bisa segera selesai, nanti saya juga koordinasi dengan Wali Kota,” terang Sugiyono.

Hal senada juga disampaikan Ananda Emira Moeis. Pihaknya sebagai anggota DPRD Kaltim akan berkolaborasi dengan DPRD Samarinda mengakomodir segala usulan ketua RT dan warganya.

“Jadi kita ini gotong royong, kita akan saling dukung mana yang bisa ditangani kami di provinsi mana yang di kota. Insya Allah dengan dorongan Pak Safaruddin juga, kita bisa menyelesaikan secara bertahap semua aspirasai bapakibu,” beber Nanda–sapaan karibnya.

Kembali Safaruddin mengingatkan agar para ketua RT terus berkomunikasi secara intensif dengan wakil rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan. “Kalau enggak selesai atau tidak ada tindak lanjut, silakan kasih tahu saya lagi. Nanti saya yang push teman-teman lagi. Pokoknya kita berusaha semampu mungkin membuat masyarakat senang, segala persoalan di lingkungan teratasi,” pungkas Safaruddin.

 

Penyerahan bantuan sembako oleh Rumah Aspirasi Safaruddin kepada warga Kota Samarinda terdampak banjir. (ist)

 

Di hari yang sama, usai pertemuan dengan para ketua RT, Safaruddin melalui Tim Rumah Aspirasi juga turun ke beberapa lokasi bertemu dan membantu warga seperti di RT 12 dan RT 13 Kelurahan Bugis. Termasuk sembako bagi warga yang terdampai banjir tak jauh dari simpang Mal Lembuswana. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.