Safaruddin Gelar Reses di Kota Balikpapan, Warga Sepinggan Curhat soal Kelangkaan Solar hingga Pendidikan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin menggelar Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022/2023 untuk menyerap aspirasi masyarakat di beberapa tempat di Kota Balikpapan. Salah satunya di RT 10 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Jumat (30/12/2022) malam.

Kedatangan Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu disambut warga yang tinggal di kawasan Pondok Pesantren Syaichona Cholil tersebut. Suasana hangat dan penuh keakraban itu dijadikan Safaruddin untuk mempererat silaturahmi. Maklum, sejak beberapa tahun belakangan, aktivitas tatap muka sempat terhambat akibat pandemi Covid-19.

“Saya berterima kasih sudah disambut luar biasa, terima kasih dukungannya. Dan semoga bisa terus berlanjut. Pertemuan ini sekaligus jadi ajang memperkuat silaturahmi, karena beberapa waktu lalu sempat ada aturan pembatasan kegiatan masyarakat,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Pada kesempatan itu, Kapolda Kaltim 2015-2018 itu juga menyampaikan kepada warga, penetapan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Benua Etam adalah sesuatu yang harus disyukuri. Karena nantinya, Kota Balikpapan akan terkena imbas pembangunan secara langsung.

“IKN jadi daya tarik, terutama dari sisi ekonomi. Dulu awalnya Kalteng (Kalimantan Tengah), tapi karena infrastruktur di Kaltim lebih lengkap, maka dipilih (Kaltim). Bapak-ibu harus punya kemauan lebih baik, manfaatkan betul momen IKN ini,” kata Safaruddin.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin (kiri, berdiri) menyapa warga saat reses di RT 10 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Jumat (30/12/2022) malam. (Guntur Marchista Sunan/intren.id)

Di momen tersebut, Safaruddin tak lupa mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Salah satunya disampaikan oleh Alex yang curhat soal pasokan solar di Kota Minyak. Dia mengatakan, lebih dari 60 persen warga di RT 10 Kelurahan Sepinggan berprofesi sebagai sopir truk. Kelangkaan solar benar-benar dikeluhkan.

“Masalah solar langka ini perlu diperhatikan, Pak. Dua hari cuma mengantre saja, kerja terbatas. Jatah solar di SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) banyak dikurangi, tutup, kuotanya enggak tahu ke mana. Antre panjang, begitu mau dekat, habis,” katanya.

Dia berharap agar Safaruddin dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat terkait solar tersebut. Sehingga dapat bekerja tanpa hambatan. “Kami yakin dan percaya bahwa, Pak Safaruddin ini mendengarkan aspirasi kami,” katanya.

Sementara warga lainnya berharap adanya tempat main anak dan taman yang kurang. Hal ini untuk menjaga agar anak-anak tidak main di jalanan. Selain itu, warga juga berharap agar persoalan pendidikan diperhatikan. Mengingat di kawasan ini ada pondok pesantren, mulai dari madrasah hingga perguruan tinggi.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin (kiri) menyerahkan bingkisan kepada warga yang diterima secara simbolis oleh Ketua RT 10 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Jumat (30/12/2022) malam. (Guntur Marchista Sunan/intren.id)

Terkait aspirasi masyarakat, Safaruddin menyampaikan bahwa dirinya akan berkoordinasi dengan Komisi V yang membidangi persoalan sumber daya mineral. Kendati dirinya duduk di Komisi III yang membidangi hukum, keamanan, dan hak asasi manusia, namun aspirasi itu akan disampaikan melalui Fraksi PDI Perjuangan.

“Nanti akan koordinasikan ke Komisi V. Nanti saya sampaikan itu masalah (kelangkaan solar). Ini masalah di beberapa tempat. Katanya Pertamina untung, tapi kenapa masyarakat dibuat antre. Keberadaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) harusnya untuk menyejahterakan masyarakat. Nanti akan kami sampaikan. Karena di Fraksi PDI Perjuangan selalu koordinasi tentang masalah di daerah,” kata Safaruddin.

Terkait tempat bermain, Safaruddin akan menyampaikannya kepada anggota DPRD Kaltim dan DPRD Kota Balikpapan dari PDI Perjuangan. “Nanti, Pak RT silakan masukkan usulan warga ke kelurahan, lalu sampaikan ke saya. Nanti biar anGggota DPRD yang mengawal,” katanya. Usai menyerap aspirasi, acara diakhiri dengan sesi foto bersama. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.