Saat #dirumahaja, Tanam Ini Untuk Mengusir Nyamuk di Rumah Kamu

INTREN.ID, JAKARTA – Tidak hanya virus corona, penyakit Demam Berdarah juga harus diwaspadai masyarakat Indonesia, terlebih di musim pancaroba saat ini.

Selain dengan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan pola 3M Plus, yaitu menguras tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas dan menutup tempat penampungan air.

10 tanaman ini juga bisa membuat rumah kamu bebas dari nyamuk. Berikut jenis tanamannya:

Zodia

Tumbuhan yang masih tergolong dari suku jeruk-jerukan dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua, tetapi kini tanaman zodia sudah mulai dibudidayakan di berbagai tempat.

Serai

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur, serai juga dapat mengusir nyamuk dari rumah Anda.

Suren atau Surian

Beberapa jenis tumbuhan anggota marga Toona, suku Meliaceae. Tumbuhan ini dikenal sebagai penghasil kayu berkualitas baik. Selain itu, tanaman ini ternyata bisa menguris nyamuk.

Selasih

Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Tanaman ini juga bisa mengusir nyamuk.

Lavender

- ADVERTISEMENT -

Tanaman unggu ini juga sangat ampuh mengusir nyamuk dari rumah Anda. Warnanya yang indah juga dapat membuat halaman rumah menjadi lebih indah dan asri.

Marigolo atau Bunga Tahi Ayam

Tanaman berwarna kuning ini juga dapat mengusir nyamuk dan beberapa serangga lainnya.

Serai Wangi

Tanaman jenis rumput-rumputan ini memiliki aroma yang sangat harum. Namun bagi nyamuk aroma yang dikeluarkan tanaman ini sangat menganggunya.

Kecombrang atau Kincung

Tanaman berwarna unggu bersampur putih ini tidak hanya bermanfaat untuk bumbu masakan yang enak, tapi juga bisa membuat nyamuk kocar kacir karena aromanya yang cukup menyengat.

Rosemery

Tumbuhan dengan nama ilmiah Salvia rosmarinus yang menghasilkan rempah-rempah dan bumbu masak tersebut juga dapat membuat nyamuk dan beberapa serangga lainnya kabur dari halaman rumah.

Geranium atau Tapak Dara

Tanaman yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan ini, juga dapat mengusir nyamuk dari rumah Anda.

Nah, selama #dirumahaja, kamu harus menaman salah satu tanaman di atas agar rumah kamu bebas dari nyamuk. Selamat menanam.Β (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.