- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Saat Buka Nanti, Hotel dan Restoran Wajib Menerapkan Protokol Kesehatan

INTREN.ID, JAKARTA – Sektor pariwisata, khususnya di bidang perhotelan dibuat tak berdaya oleh pandemi Covid-19. Hampir seluruh hotel di Indonesia tidak beroperasi. Dampaknya adalah pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kebijakan merumahkan karyawan.

Sejak pemerintah menyerukan tatanan kehidupan new normal, pengelola hotel di Indonesia merespon dengan positif. Tentunya, bidang perhotelan harus menyesuaikan diri dengan membuat protokol kesehatan, sehingga bisa beroperasi seperti sedia kala.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusran mengatakan, bidang perhotelan sudah siap menerapkan konsep new normal. Meskipun sudah menyiapkan protokol sejak jauh-jauh hari, mereka juga tengah mendetailkan protokol kesehatan.

- ADVERTISEMENT -

“Protokol kesehatan menjadi panduan bagi pemilik hotel dan restoran dalam menjalankan usahanya. Panduan meliputi karyawan, barang-barang, serta ketersediaan alat-alat pengecek kesehatan,” kata Maulana.

Pun demikian dengan operasional hotel. Tidak sekadar membersihkan, pengelola juga diwajibkan menyemprotkan disinfektan. Pengelolaan fasilitas juga harus memenuhi protokol kesehatan. Sehingga tamu mendapatkan jaminan keamanan. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.