Rutan Batam Tiadakan Jam Besuk dan Open House Saat Lebaran

INTREN.ID, BATAM – Tahun ini, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam meniadakan jam besuk ataupun open house saat hari raya Idulfitri, Ahad (24/5/2020) besok.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIA Batam, Yan Patmos menyampaikan, hal tersebut telah sesuai seperti arahan dari pusat kementerian dan dirjen serta Kantor Wilayah (kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Memang tidak ada open house atau buka kunjungan sebagaimana hari-hari besar pada umumnya. Ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan Rutan Batam,” kata Yan Patmos, Sabtu (23/5/2020).

Meski demikian, Yat Patmos menegaskan, pihaknya tetap memberikan kesempatan untuk warga binaan menggelar Salat Id di dalam rutan. Sementara untuk pengganti jam besuk, Rutan Batam akan tetap memberlakukan video call kepada keluarga warga binaan di rumah.

Pihak keluarga hanya perlu meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk melakukan video call. Sementara dari pihak rutan yang akan melakukan peneleponan.

- ADVERTISEMENT -

“Untuk setiap warga binaan pemasyarakatan, akan diberikan waktu selama 15 menit untuk bisa berkomunikasi denga video call. Menggunakan Komputer yang telah di siapkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IIA Batam, Heri Aguswanto, menegaskan, meskipun tidak adanya jam besuk ataupun open house, pihaknya tetap mengutamakan keamanan di hari raya Idulfitri.

Pihaknya juga telah menambah personel dari staf rutan sehingga bisa meminimalisasi berbagai hal yang tidak diinginkan. “Kami tetap bersinergi dengan pihak Polri dan TNI untuk melakukan pengamanan. Untuk menjaga kekondusifan di seluruh kawasan Rutan Batam,” tutupnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.