Rutan Batam Menggelar Doa Bersama pada Jumat Pagi, Diikuti Oleh Petugas dan Warga Binaan

INTREN.ID, BATAM – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Batam menggelar doa bersama seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di lapangan terbuka Rutan Batam, Jumat (12/11/2021) pagi.

Kepala Rutan Batam, Yan Patmos mengatakan, kegiatan tersebut berlandaskan rasa syukur atas kesehatan yang diberikan selama pandemi Covid-19 kepada seluruh petugas dan warga binaan Rutan Batam.

Menurutnya, doa bersama merupakan ikhtiar batin seluruh petugas dan warga binaan dengan melibatkan lima perwakilan dari agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan, bantuan, serta kerja sama dari pemerintah dan stake holders terkait untuk capaian tugas dari tahun 2020 hingga tahun 2021,” katanya.

Dalam doa bersama itu pula, pihaknya menyampaikan harapan untuk tetap mendapatkan nominasi di tingkat nasional dalam penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2021.

“Rasa syukur, di mana sampai saat ini Rutan Batam masih dinilai oleh tingkat nasional untuk meraih predikat WBK/WBBM dari KemenpanRB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) untuk tahun 2021,” ucap Yan Patmos.

Usai doa bersama, acara dilanjutkan dengan senam pagi yang telah menjadi kegiatan rutin di tiap pekannya. Tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran jasmani petugas dan warga binaan

“Ada tiga instruktur senam Zumba yang memimpin senam pagi, dan dilakukan secara rutin setiap Jumat pagi,” ungkapnya.

Dia juga memastikan bahwa Rutan Batam terus meningkatkan pelayanan dan juga fasilitas. Dalam kepemimpinannya, Yan Patmos membuat perencanaan yang dibagi tiga fase, jangka pendek, menengah, dan juga jangka panjang.

“Untuk jangka pendek, pembangunan vihara sudah siap, dan jangka menengah sudah terealisasi pos wasrik (pengawasan dan pemeriksaan) untuk meningkatkan pelayanan dan meminimalisir mobilitas masuk ke dalam rutan, sehingga informasi bisa diakses dari sana,” paparnya.

Dalam jangka menengah juga Rutan Batam telah mendapatkan mobil transportasi pemasyarakatan (transpas). Sementara untuk perencanaan jangka panjang, mendapat satu unit ambulans, satu unit transpas dan juga mendapat dukungan pembangunan aula sidang online.

“Khusus pembangunan aula ini kita jadwalkan rampung pada Desember, dan bisa dipergunakan dengan baik,” pungkasnya. (***)

Reporter:  Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.