Rumah Sakit Covid-19 Dibangun di Pulau Galang, Masyarakat Diminta Tidak Gaduh

INTREN.ID, BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta masyarakat tidak gaduh dalam menanggapi pembangunan Rumah Sakit Khusus penanganan virus Corona (Covid-19) di Pulau Galang, eks kamp Vietnam. Pasalnya hal tersebut adalah kebijakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mesti didukung.

“Ini kebijakan dari Presiden dan harus kita dukung. Agar jika ada saudara kita yang terkena, sudah ada tempat yang dituju, sehingga tidak harus dikurung dalam rumah saja,” papar Rudi dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan ke-30 yang digelar di Kecamatan Batu Ampar, Kelurahan Kampung Seraya, RT 03, RW 03, Seraya Kavling, , Kamis (12/3/2020)..

Selain itu dengan adanya RS di pulau Galang, Rudi menyebut bisa menghidupkan ekonomi para warga sekitar. Tentunya kehadiran rumah sakit tersebut bakal membuat Pulau Galang menjadi semakin ramai.

Diketahui, RS khusus Covid-19 akan selesai dibangun dan bisa digunakan pada awal April mendatang, setelah melewati pembangunan tahap 1. Beberapa peralatan juga telah tiba diangkut menggunakan pesawat milik TNI-AU pada Kamis (12/3/2020) sore. Dengan bobot mencapai 12 ton, seluruh perlengkapan pendukung langsung di-bawa menuju lokasi RS Khusus Covid-19

Sementara terkait wabah Covid-19, Rudi mengimbau warga untuk tetap menjaga kesehatan. Tujuannya guna menghindari terjangkit virus Corona (Covid-19) yang tengah mewabah. Disampaikan Rudi, menurut penelitian terbaru Covid-19 bisa mati dengan seringnya tubuh manusia terkena sinar matahari dan dibarengi dengan aktivitas fisik.

- ADVERTISEMENT -

“Khusus bagi kita masyarakat Muslim, ayo berolahraga setelah salat Subuh. Jangan dilanjut tidur,” kata Rudi.

Rudi juga menyampaikan beberapa cara yang perlu dihindari guna menghindari tubuh ini terpapar Covid-19). Di antaranya dengan mengurangi pertemuan dalam jumlah besar dalam tempat tertutup. “Karena dalam situasi ini sangat beresiko,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Batam itu mengatakan, hingga saat ini pemerintah belum mempunyai alat yang lengkap untuk mendeteksi seseorang yang telah terjangkit Covid-19. Namun demikian, Rudi mengimbau seluruh masyarakat di Batam untuk tidak khawatir terhadap Covid-19 yang tengah mendapatkan perhatian dari dunia. Karena hingga saat ini, tidak ada satupun masyarakat Batam yang terjangkit virus Corona. “Artinya, seluruh masyarakat kota Batam fisiknya sangat kuat,” tegas Rudi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.