RS Galang Lepas 11 ABK Pelni yang Dinyatakan Sehat

29 Orang Menunggu Hasil Swab Ketiga

 

INTREN.ID, BATAM – Rumah Sakit (RS) khusus infeksi virus corona baru (Covid-19) di Pulau Galang melepas 11 anak buah kapal (ABK) KM Pelni, Selasa (28/4/2020). Kesebelas ABK itu dinyatakan sehat dan terbebas dari Covid-19 setelah sebelumnya ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan harus menjalani masa karantina.

Pelepasan para ABK tersebut dilakukan Direktur RS khusus infeksi virus Covid-19, Kolonel Khairul Ihsan Nasution kepada Kepala PT Pelni Batam, Captain Agus, di halaman depan Rumah Sakit.

“Alhamdulillah, mereka telah menjalani swab yang kedua dan dinyatakan sehat. Jadi langsung kamu pisahkan dari rekan lainnya,” ucap Kolonel Khairul Ihsan, saat dihubungi Intren.id

Sementara untuk 29 ABK KM Kelud lainnya, saat ini masing menunggu hasil swab yang ketiga. Untuk kondisi kesehatannya, Khairul mengungkapkan mereka dalam keadaan yang stabil.

Untuk saat ini, pihakmya telah mengambil sampel dari masing-masing pasien dan telah di kirimkan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam. Untuk kemudian dilakukan pemeriksaan swab.

- ADVERTISEMENT -

Namun, proses tersebut harus membutuhkan waktu yang lebih lama. Pasalnya stok logistik di BTKLPP telah mengalami kekosongan sejak sepekan terakhir.

“Maka dari itu, jadi ada perlambatan hasil laporannya,” ungkapnya.

Diketahui, para ABK tersebut telah menjalani masa karantina di RS tersebut sejak Ahaf (14/4/2020) lalu. Tepatnya saat kapal KM Kelud baru bersandar di Kota Batam.

Dari pemeriksaan awal, 40 ABK tersebut dinyatakan reaktif Covid-19 setelah dilakukan rapid test oleh tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam bersama Dinas Kesehatan Kota Batam. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.