RS Bhayangkara Kepri Sediakan Rapid Test Gratis Buat Masyarakat

Tunggu Hasil Pemeriksaan Hanya 15 Menit

INTREN.ID, BATAM – Rumah Sakit (RS) Bhayangkara TK IV Polda Kepulauan Riau (Kepri) telah membuka pelayanan drive thru Screening Rapid Diagnosis Test (RDT) untuk masyarakat secara gratis. Dengan memaksimalkan pelayanan, pengendara tidak perlu turun dari kendaraan saat melakukan pemeriksaan.

Pelayanan tersebut berlokasi di halaman depan RS Bhayangkara, Jalan Dang Merdu No Km 2, Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Batam. Pemeriksaan cepat untuk mendeteksi vius corona baru (Covid-19) ini telah dimulai sejak Rabu (29/4/2020) kemarin.

Wakapolda Kepri Brigjen Yan Fitri Halimansyah mengatakan, pelayanan tersebut sebagai wujud nyata kepedulian Polda Kepri atas kebijakan dari Kapolda Kepri kepada masyarakat.

Masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan, bisa datang ke lokasi dengan waktu pelayanan pada Senin sampai dengan Jumat pada jam 09.00 WIB – 11.00 WIB, dan pada jam 13.00 WIB sampai 15.00 WIB. Syaratnya jangan lupa membawa fotokopi KTP.

“Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, physical distancing sehingga tidak terjadi penularan pada saat antrean pemeriksaan, masyarakat yang akan dilakukan pemeriksaan langsung diberikan penyanitasi tangan. Pemberian nomor antrean dengan mengisi nama, no ponsel, dan menunggu giliran dengan berdiam di kendaraan masing-masing,” beber Yan.

Secara bertahap petugas akan mengambil sampel darah di salah satu ujung jari. Warga lantas dipersilahkan menunggu dalam estimasi waktu sekira 15 menit.

“Dengan waktu singkat tersebut, masyarakat bisa langsung mengetahui hasil dari rapid test tersebut, reaktif atau non reaktif. Dan semua pelayanan ini tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Hal ini, sambung Yan turut dilakukan mengingat RS Bhayangkara merupakan salah satu RS rujukan pasien Covid-19 di Kota Batam. Dengan memiliki 28 kamar dan 31 tempat tidur. Sampai dengan saat ini sudah 26 pasien yang dikarantina di RS Bhayangkara. Empat pasien dari hasil swab dinyatakan positif Covid-19 dan sudah dirujuk ke RS Galang dan RS BP Batam.

“Selama pandemi Covid-19 terdeteksi di wilayah Kepri, RS Bhayangkara telah melakukan rapid test sebanyak 534 orang. Dari 534 orang tersebut sebanyak 7 orang dinyatakan reaktif dengan rincian 6 orang personel Polri dan satu orang masyarakat umum,” jelasnya.

Yan Fitri mengatakan, dengan kerja sama semua pihak antara Pemerintah, TNI-Polri saling bahu-membahu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan bersama-sama mengutamakan upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk juga dalam pelayanan kesehatan.

“Di samping itu kita juga memberikan bantuan berupa sembako. Kepada masyarakat yang membutuhkan sembako silahkan langsung menghubungi kantor kepolisian terdekat dan kami akan segera memberikan bantuan,” terangnya.

Disampaikan oleh Kabid Dokkes Polda Kepri Kombes pol M Haris, pada pemeriksaan hari pertama pelayanan drive thru Screening RDT, ada sebanyak 86 warga yang melakukan pemeriksaan. Dari kesemuanya dinyatakan non reaktif.

Namun apabila ditemukan ada hasil yang menunjukkan reaktif, pihaknya akan langsung menghubungi untuk memberikan pemeriksaan lebih lanjut. “Jika memungkinkan, akan dilakukan karantina. Baik secara mandiri atau di RS dan akan menjalani pemeriksaan lainnya seperti rontgen,” ungkap Haris. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.