Rijki Budiman, Pemuda Batam Multitalenta Penuh Prestasi dan Inspirasi dalam Berbagai Bidang

INTREN.ID, JAKARTA – Rijki Budiman adalah salah satu contoh pemuda yang terbilang sukses memanfaatkan era industri digital. Bakatnya di bidang entertainment dan bisnis benar-benar dimaksimalkannya di masa muda. Di usianya yang baru 21 tahun ini, pemuda asal Batam ini sudah mengibarkan berbagai bendera bisnis startup dan meraih sederet prestasi.

Mulai dari OkeSayur yang bergerak di sektor agrobisnis, di mana Rijki menjabat sebagai Media Spesialist. Lantas pada startup Traveliki yang bergerak di sektor pariwisata, dia menjabat sebagai CEO 2017.

Rijki juga menggeluti seni bidang bela diri karate, seni dalam cahaya fotografi dan seni gabungan unsur audio visual videografi yang semua karyanya di akun tersendiri yaitu @fotoyaki.

Bukan cuma bisnis startup, Rijki Budiman juga penikmat musik sekaligus produser musik. Karya single-nya sudah ada di seluruh platfrom musik dunia seperti apple music, spotify, amazon music, soundcloud, Deezer dan lain-lain.

Rijki pun lihai dalam berakting berbagai peran. Aktingnya sering digunakan dalam proses pembuatan film pendek. “Insyallah akan berkelanjutan ke film layar lebar,” tutur pria yang sering menjadi tim kreatif dalam event besar berkat sederet idenya.

Dalam jagat maya, Rijki Budiman berkiprah sebagai kreator konten di Youtube alias Youtuber. Dia dikenal dari karya video yang kocak hingga sinematografinya yang terbilang menarik.

Dengan youtube Rijki Budiman, kontennya berisi vlog, edukasi, dan hiburan. Sedangkan pada instagramnya @rijkibudiman memiliki hobi membuat orang tertawa dengan video tingkah kocak nya yg unik ini, dapat membuat seluruh masyarakat Indonesia tertawa.

Salah satu video nya sudah di repost berbagai akun besar loh seperti di instagram @dagelan yang memiliki 14 Juta Pengikut.

Malahan jaringan dunia bisnis pria kelahiran Batam tahun 1998 ini meluas hingga melibatkan para Youtubers dan artis papan atas. Meliputi Atta Halilintar, Arif Muhammad (mak beti), Ria Ricis, Tarra Budiman, Cassandra Lee, Yusi Fadilla, hingga Syahril Ramadhan.

Sampai saat ini akun Instagramnya @rijkibudiman memiliki 40.000 pengikut dan juga mengelola akun youtube Rijki Budiman dengan 1.200 subscriber.

Menariknya saat proses monetasi youtube, Rijki langsung disetujui pihak Youtube hanya dalam waktu dua jam. Sementara kebanyakan orang biasanya bisa menunggu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Melalui karya-karyanya itu Rijki telah merengkuh sederet prestasi. Karya musik Rijki Budiman sudah melintas hingga ranking 179 di Itunes Indonesia. Dia juga pernah menjadi Duta Suporter Asian Games 2018.

Sederet prestasi yang diraih Rijki meliputi juara 1 fotografi Manduafest se-Provinsi Kepulauan Riau, Best Photo Asian indovision, Best Photo Human Interest se-Kota Batam dan lainnya.

- ADVERTISEMENT -

Untuk prestasi Bela diri, Rijki merupakan atlet karate sekaligus pelatih di perguruan Institut Karate Do Indonesia Kota Batam. Prestasinya juara 1 kumite dan juara 2 kata pada ajang O2SN tingkat Kota Batam, serta Juara 2 Kumite Se-Kepri.

Rijki fokus sebagai petarung (kumite) dalam bidang karate dengan kelas tanding -60 kg. Rijki menargetkan di tahun 2020 ini agar bisa memperoleh prestasi lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Rijki berharap agar virus corona segera cepat berakhir dan dunia membaik seperti sedia kala. Ingin rasanya semua bisa beraktivitas seperti biasa agar Rijki bisa terus mengembangkan bakat di berbagai kejuaraan tingkat nasional, Asia dan dunia,” harap pria yang dikenal suka berorganisasi ini.

Organisasi yang diikuti Rijki meliputi Batam Art Photography, English Club, Investor Saham Pemula, MMTC TV (kampus). Rijki juga pernah diundang di acara Enchelon Summit 2018 di Singapura. Itu merupakan ajang pertemuan CEO startup sedunia.

Berbagai peluang dijajal Rijki di usianya yang masih tergolong muda. Termasuk bermain dunia saham dengan menjadi trader dan investor tergantung bursa pasar IHSG. Merupakan salah seorang trader muda Indonesia, per hari Rijki bisa mendapatkan keuntungan Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu.

“Saya sangat menyukai hal ini karena kita tidak harus berkerja menggunakan tenaga melainkan harus bisa juga menggunakan kreativitas daya pikir,” sebutnya.

Di bidang akademik, Rijki yang masih kuliah di Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta ini kerap mengikuti kegiatan kepemimpinan. Pada oktober 2019 lalu dia mengikuti kegiatan festival pemuda di Semarang dengan membawa nama delegasi provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Padahal saya asli Batam. Kegiatan festival pemuda tersebut adalah perwakilan mahasiswa terbaik dari sabang hingga marauke untuk membahas permasalahan Indonesia. Menyelesaikannya secara bersama-sama dan memperkuat tali silahtuhrami antar mahasiswa setiap provinsi,” bebernya.

Namun perjalanan Rijki bukan mulus begitu saja. Riak-riak pun pernah dialaminya. Di antaranya dia pernah ditipu partner kerja pada Juli 2018. Kala itu di bisnis @traveliki, Rijki memiliki partner kerja khusus untuk mengelolah bagian keuangan. Namun partner bisnis yang dia percaya ini ternyata kabur dan menghilang.

Barulah diketahui bahwa ternyata rekan kerjanya tersebut memiliki keadaan terjepit dalam keuangan untuk membiayai pengobatan ibunya. “Namun semua dapat diselesaikan secara kekeluargaan baik-baik, karena uang tidaklah penting melainkan sebuah pertemanan,” ujar Rijki.

Dari kejadian ini Rijki memperoleh pelajaran sangat berharga. Untuk selalu berhati-hati dalam memilih rekan bisnis. “Jangan mempercayai 100% karena kita tidak tahu seseorang baik hari ini dan besok bagaimana,” sebutnya.

Dari tiga bisnis yang dikelolanya @OkeSayur @Traveliki @Fotoyaki dan juga aksi trading jual beli sahamnya. Rijki mengaku bisa meraih omzet hingga Rp 20 juta per bulan dengan didukung dua partnernya.

“Saya berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri digital di negara tercinta saya yaitu Indonesia. Sekaligus mendorong anak-anak muda milenial untuk tetap produktif membuat karya yang unik dan menorehkan prestasi positif untuk mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di kancah dunia,” tegas Rijki. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.