Ribuan Menara Telekomunikasi Dijual ke Mitratel, Telkomsel Bakal Fokus Perkuat Ekosistem Digital

INTREN.ID, JAKARTA – Perusahaan operator telekomunikasi Indonesia, Telkomsel resmi menjual 6.050 menara telekomunikasinya ke Mitratel. Dengan melepas seluruh menaranya, kabarnya anak perusahaan PT Telkom itu akan mendapatkan dana sekitar Rp 10 triliun.

Proses penjualan menara itu akan dilakukan secara bertahap dan diprediksi selesai pada tahun depan. Kesepakatan Telkomsel dan Mitratel terwujud dalam penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat atau conditional sale and purchase agreement (CSPA).

Direktur Utama (Dirut) Telkomsel, Setyanto Hantoro menjelaskan, pihaknya akan fokus pada bisnis telekomunikasi digital. Salah satu prioritasnya adalah memperkuat ekosistem digital melalui ketersediaan layanan digital connectivity.

- ADVERTISEMENT -

“Selain itu juga mengembangkan potensi layanan digital services dan digital platform terkini bagi seluruh masyarakat. Ini sekaligus wujud komitmen korporasi untuk melanjutkan transformasi perusahaan sekaligus memperkuat penataan portofolio Telkom Group,” katanya.

Sementara, Dirut Mitratel, Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, penambahan menara telekomunikasi akan mendukung bisnisnya di masa mendatang. Secara bisnis, akuisisi menara telekomunikasi Tekomsel akan meningkatkan kapabilitas Mitratel pada aspek infrastruktur.

“Kami yakin, pengambilalihan kepemilikan 6.050 menara itu akan memperkuat bisnis Mitratel secara fundamental. Ini menjadi potensi yang baik dan menciptakan nilai tambah bagi Mitratel untuk memperkuat industri telekomunikasi nasional,” papar Theodorus. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.