Ribuan Kader Demokrat Sambut Kedatangan Anies Baswedan, Teriakan “Anies-AHY” Menggema, Pertanda Berduet?

INTREN.ID, JAKARTA“Yo ayo, Anies-AHY… Kuyakin, kita pasti menang”. Yel-yel tersebut menggema berulang-ulang di tengah teriknya mentari yang menyinari kantor DPP Partai Demokrat di Jalan Proklamasi nomor 41, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) pagi.

Ribuan orang dengan seragam biru menyambut kedatangan calon presiden (capres) idola, Anies Rasyid Baswedan. Gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Nasional Demokrat (Nasdem) bertandang ke kantor partai berlambang segitiga mercy itu.

Sesosok anak muda berbadan tegap menyambutnya dengan hangat. Dia adalah Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum DPP Partai Demokrat yang kerap disapa AHY. Sosok muda itu juga digadang-gadang sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies.

Kehadiran Anies ke markas Demokrat juga menjadi penegas bahwa keduanya memiliki visi-misi dan etika yang sama untuk membawa perubahan demi memajukan bangsa ke depan. Selain itu juga mempertegas arah koalisi Nasdem dengan Demokrat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Tinggal menunggu kunjungan Anies ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saja.

Duet Anies-AHY memang paling dijagokan. Terbaru, survei The Republic Institute di enam provinsi di Jawa periode Agustus-September 2022 menunjukkan bahwa Anies-AHY lebih unggul. Baik dalam simulasi empat, tiga, maupun dua pasangan. Mengalahkan beberapa nama kondang seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, hingga Puan Maharani.

“Jika Pilpres 2024 terdapat tiga pasangan, maka pasangan Anies-AHY menduduki peringkat pertama dengan nilai 28,7 persen, Ganjar-Puan 27,6 persen dan Prabowo-Muhaimin 22,4 persen,” kata peneliti utama The Republic Institute, Sufyanto di Kemang, Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Jelas, ini menjadi pertanda. Apalagi, Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh menyerahkan keputusan soal cawapres kepada Anies langsung. Paloh ingin agar cawapres yang dipilih Anies memiliki kecocokan. Pasalnya, Paloh dan Nasdem ingin agar Anies mewujudkan kabinet yang kuat, solid, dan kompak. Oleh karena itu, Anies harus yang memilih cawapres sendiri.

“Soal cawapres, kita kasih otoritas kepada Bung Anies untuk memilih,” kata Paloh saat mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai capres di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). “Bagaimana kita tiba-tiba mau pilih-pilih cawapres yang tidak cocok sama diri dia (Anies), kan cari penyakit,” sambung Paloh.

Kembali ke pertemuan Anies dengan AHY di kantor DPP Partai Demokrat. Pertemuan dua putra terbaik bangsa itu berlangsung sekira satu jam. Dalam pertemuan itu, Anies mengucapkan terima kasih kepada AHY dan seluruh kader yang telah menyambutnya. Dia merasa terhormat dengan sambutan liar biasa yang diberikan oleh kader Demokrat dalam pertemuan ini.

Ketika merencanakan silahturahmi ke kantor DPP Partai Demokrat, Anies mengaku hanya membayangkan akan bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah pengurus partai. Ternyata, kata Anies, beberapa pengurus Demokrat tersebut memang luar biasa dengan begitu hangat sambutannya.

“Insya Allah ini penanda bahwa kami siap untuk jalan bersama-sama ke depan,” kata Anies. Dia menyebut keinginan untuk berjalan bersama AHY bukanlah berasal dari puncak alias elit.

“Tapi keinginan yang bergerak dari seluruh arah,” kata Anies yang sudah resmi diusung Nasdem sebagai capres untuk Pilpres 2024.

AHY juga banyak memuji Anies, salah satunya karena menyempatkan waktu menengok korban banjir. “Ini menunjukkan Mas Anies punya leadership in crisis, ini yang dibutuhkan dalam membangun bangsa ke depan,” kata AHY.

Putra sulung Presiden ke-5, Susilo Bambang Yudhoyono itu berharap silahturahmi dengan Anies bisa menjadi awal yang baik. Dia memuji Anies sebagai sosok yang memiliki visi dan spirit yang sama.

“Oleh karena itu tidak heran ketika chemistry yang terjadi makin kuat, karena kami dipertemukan visi-misi dan etika untuk memajukan bangsa ke depan,” kata dia.

Membawa Harapan

Ketua Departemen Hukum dan HAM DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto menilai, pertemuan AHY dengan Gubernur DKI Jakarta itu membawa spirit dan budaya baik bagi perkembangan demokrasi.

“Momen ini juga memberikan harapan kepada kita (masyarakat, Red.) semua akan hadirnya pemimpin muda yang visioner, cakap, dan kuat untuk memimpin bangsa ke depan,” ujarnya.

Menurut Didik, silaturahmi kedua tokoh tersebut juga membawa harapan akan hadirnya demokrasi yang sehat, kompetisi politik yang membawa ide, gagasan, dan program segar untuk memperjuangkan perubahan dan perbaikan bagi bangsa.

Anggota Komisi III DPR itu menyebut kesamaan visi dan platform perjuangan, serta chemistry yang telah terbangun sejak lama akan memastikan makin menguatkan legacy dan tradisi demokrasi yang bermartabat serta berkeadilan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Didik berharap bersatunya dua pemimpin muda itu akan mampu mempersatukan semangat dan harapan masyarakat dalam menghadirkan demokrasi yang bersih, penuh kedamaian.

Kemudian, AHY dan Anies diharapkan mampu menghindarkan masyarakat dari polarisasi karena eksploitasi politik identitas, isu sara, politik permusuhan, hate speech, black campaign, politik uang, dan politik intimidasi.

“Dengan integritas, kapasitas, kapabilitas, rekam jejak serta komitmennya, Mas AHY dan Mas Anies akan mendedikasikan perjuangannya untuk Indonesia yang lebih baik,” kata Plt ketua DPD Demokrat Kepri itu.

Bagaimana Respon PKS?

Juru Bicara PKS, M Kholid berharap penjajakan koalisi antara PKS, Nasdem, dan Demokrat makin matang usai Anies dan AHY bertemu. “Harapannya PKS, Nasdem, dan Demokrat semakin matang proses penjajakan koalisinya. Banyak titik temu antara ketiga pihak,” kata Kholid, Jumat (7/10/2022).

Kholid merespons positif pertemuan AHY dan Anies itu. Terlebih, jalinan komunikasi antara Nasdem, PKS, dan Demokrat sudah baik belakangan ini. Kendati demikian dia mengaku belum ada rencana pertemuan khusus antara Anies dengan petinggi PKS membahas koalisi. “Akan tetapi, Anies belakangan ini sudah sering bertemu petinggi PKS di berbagai kesempatan,” katanya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.